SUARA LOTENG 

Issue Mutasi, Kasek akan Didahulukan, Struktural Menyusul

Lombok Tengah SR- Bupati Lombok Tengah (Loteng), HM. Suhaili di hadapan sejumlah wartawan Jum’at (08/02/2019) lalu  mengatakan, proses mutasi dipastikan akan dilakukan pada bulan ini.

Hanya saja dalam mutasi kali ini, pihaknya akan mendahulukan pengangkatan Kepala Sekolah (Kasek), sedangkan untuk structural menyusul. “Insyaallah Mutasi kepala sekolah kita akan lakukan pada bulan ini, sedangkan untuk structural menyusul,” katanya.

Didahulukannya mutasi kepala sekolah, mengingat jumlah sekolah yang tidak memiliki kepala difinitip, sangat banyak dan bahkan lebih dari 100 sekolah. Sehingga hal ini harus di segerakan, apalagi pelaksanaan Ujian Nasional (UN), sudah dekat.

“Saya tidak menutupi kalau jumlah sekolah yang tak memiliki kepala difinitip cukup banyak, makanya ini harus segera dilantik,” ungkapnya.

Selain pengangkatan kepala sekolah, mengingat tahun 2018 kemarin, jumlah ASN yang pensiun cukup banyak, sehingga hal ini juga akan dilakukan pengangkatan beberapa jabatan, terutama guru. “Yang kosong saja sudah diatas 100, belum lagi yang pensiun tahun kemarin,” cetusnya.

Ditanya mekansime pengangkatan, orang nomor satu di Loteng ini mengaku, pengangkatan kepala sekolah itu ada petugas khusus yakni baperjakat. Dimana baperjakat yang diketuai Sekretaris daerah (Sekda) Loteng HM Nursiah, sidah melakukan penilaian, hanya saja sampai saat ini pihaknya belum terima hasilnya.

“yang jelas  untuk pengangkatan kepala sekolah, kita sudah serahkan ke baperjakat dan apapun hasilnya itulah yang terbaik,” sebutnya.

Sementara itu, Sekda Loteng HM Nursiah sebelumnya mengakui daftar nama nama kepala sekolah yang akan dilantik, sudah ia pegang. Hanya saja saat ini pihaknya sedang melakukan pemutakhiran, sehingga nantinya hasil pengangkatan kepala sekolah baru, sesuai yang diharapkan.

Sebelumnya Kepala Dinas (Kadis) Pendidikan Loteng H Summum mengaku, bulan Februari ini, merupakan harga mati proses pengangkatan kepala sekolah harus dilakukan. “Malah saya sendiri sudah mematok, wajib hukumnya mutasi itu dilakukan bulan ini,” katanya.

Ada beberapa pertimbangan sehingga mengharuskan segera dilakukan pengangkatan kepala sekolah, diantaranya ada beberapa sekolah yang sudah kosong sampai tiga tahun, artinya sekolah tersebut di isi oleh PLT kasek,  dan UN sudah dekat. (ap)

Related posts