Majlis Dakwah HAMZANWADI II Gelar Seminar Kepemimpian NW

Majlis Dakwah HAMZANWADI II Gelar Seminar Kepemimpian NW

Mataram, SR- Dalam rangka menguatkan basic kepemimpian dalam organisasi Nahlatul Wathan, Majlis Dakwah HAMZANWADI II menggelar Seminar Nasional, di Auditorium Taman Budaya Mataram Senin (21/01/2019). Dalam seminar Kepemimpinan NW ini panitia mengangkat tema “Kepemimpinan Nahdlatul Wathan Sumbangsih Bangsa Untuk Dunia”.

Ketua panitia yang juga sebagai pemateri pembanding, Dr. Muhammad Tohri, M.Pd dalam pemaparannya mengungkapkan bahwa tema ini diambil untuk menunjukkan kepada dunia bukan saja kepada kita sebagai warga bangsa Indonesia bahwa Nahdlatul Wathan itu mengajarkan kepemimpinan dalam level yang sesuai ajaran agama seperti kepemimpinan yang dipraktikkan Maulanasyaikh semasa hayatnya.

Tuan Guru Bajang (TGB) KH. Lalu Gede Muhammad Zainuddin Atsani, Lc,.M.Pd.I (Pemimpin Majlis Dakwah HAMZANWADI II, bersama dua pemateri pembanding Dr. TGH. Fahrurrozi Dahlan, MA (Sekjen PW NW NTB) dan Dr. Muhammad Tohri, M.Pd (Dekan Fak. Sastra UNW Mataram). Bergantian memaparkan konsep kepemimpinan dalam organisasi NW yang sudah menginjak usia 84 ini.

Dalam pemaparannya, Syaikhuna TGB (panggilan akrabnya) menjelaskan tentang kepemimpinan NW dari sejak NW dilahirkan pendirinya, almagfurlah Maulansyaikh TGKH M Zainuddin Abdul Madjid yang berlandaskan al Quran dan al Hadits yang dipadukan dengan konsep-konsep kepemimpinan kontemporer yang tidak bertentangan dengan agama.

“Jadi perpaduan konsep kepemimpinan dalam Islam dan dunia memberikan ruang terbuka untuk dielaborasi dalam menentukan kebijakan untuk memajukan NW,”ungkapnya.

TGB Tsani, juga lebih banyak mengulas kebersamaannya bersama pendiri NW yang menurutnya banyak mendapatkan ilmu tentang kepemimpinan NW yang lembut dan akomodatif dalam mengembangankan NW ke seluruh penjuru dunia.

Dr Fahrurrozi dalam pemaparannya mengungkapkan bahwa sistem kepemimpinan di NW adalah model kepemimpinan yang sulit kita temukan di organisasi lain, karena kepemimpinan Nahdlatul Wathan bermula dari kharismatik leadershipnya Maulanasyaikh sang pendiri NW.

“Ini yang kita lihat pada diri Syaikhuna TGB Zainuddin Atsani, yang well come terhadap apa yang disampaikan oleh orang yang ada di sekeliling beliau yang bertujuan untuk kemajuan dan kemaslahan ummat dan organisasi NW,”tandasnya.

Kepempinan Syaikhuna TGB selama ini mengenang pada kepemimpinan pendiri NW itu semasa hayatnya yang tegas dan menjaga marwah organisasi dari hal-hal yang tidak baik.

“Beliau ini adalah keturuan langsung dari pendiri NW, bahkan nama beliau sendiri langsung diberikan oleh Maulanasyaikh sebagai penggantinya menakhodai NW dan sudah dinobatkan menjadi pemimpin NW sejak beliau masih bayi,”pungkasnya.

Hadir juga, Dewan Mustasyar PBNW, Prof. Dr. H. Sayyid Agil Al Idrus yang sekaligus sebagai pemateri pembanding pada acara seminar tersebut.

Acara seminar diikuti ratusan peserta, dari unsure pengurus organisasi, badan otonom, perwakilan madrasah, tuan guru, ulama, serta mahasiswa dan santri.(ror)

Advertisements

Share this post

Post Comment

Or