Lotim Gelontorkan 40 M untuk Santunan Korban Gempa dan Banjir

Lombok Timur, SR – Ada dua bencana alam yang telah melanda Lombok Timur dalam kurun waktu 2018. Gempa Bumi Lombok yang terjadi secara beruntun dalam kurun waktu (29 Juli, 5 Agustus, 9 Agustus, dan 19 Agustus) 2018, telah membawa dampak kerusakan, korban jiwa, dan trauma healing dengan sasaran terdampak berat di 5 Kecamatan bagian utara. Sementara bencana banjir terdampak berat di wilayah bagian selatan. Untuk itu, Pemda Lotim telah memberikan santunan kepada warga terdampak bencana tersebut.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Sosial Kabupaten Lotim H Marwan, MM., kepada Suara Rinjani belum lama ini.

Menurutnya, santunan bagi terdampak bencana (Gempa Bumi dan Banjir) tersebut sebagai hal yang urgen dan prioritas untuk segera ditangani.

“Pemda Lotim telah berikan kepada puluhan ribu warga terdampak bencana santunan mulai pada minggu terakhir Desember 2018 lalu,” ujarnya.

Marwan kembali menjelaskan, jumlah warga terdampak bencana tersebut menyasar dengan rincian 25.214 KK warga terdampak bencana gempabumi (rumah rusak ringan, sedang dan berat) terparah di wilayah utara dan 801 KK warga terdampak bencana banjir di wilayah selatan Lombok Timur.

Ada 5 Kecamatan terdampak berat Bencana gempabumi Lombok untuk di Lotim yaitu Kecamatan Sembalun, Sambelia, Suela, Pringgabaya, dan Wanasaba. Sementara warga terdampak berat untuk bencana banjir di wilayah bagian selatan (Kecamatan Jerowaru dan Keruak).

“Untuk warga terdampak gempabumi diberi santunan sejumlah Rp. 1,000.000,- /KK, sedangkan untuk warga terdampak bencana banjir sejumlah Rp. 3.000.000,- /KK. Itu sudah diberikan pada akhir Desember 2018 lalu,” terang Marwan, sembari menambahkan bahwa, total keseluruhan bantuan tersebut senilai 40 Miliar dari Pemda Lotim,” imbuhnya.

Terkait santunan bagi warga yang meninggal dunia terdampak gempabumi Lombok, Marwan menyampaikan bahwa, hal tersebut dalam waktu dekat segera diselesaikan oleh Pemerintah Pusat (Kemensos).

“Besok saya jemput bola ke Pusat dengan membawa sejumlah data yang sudah diverifikasi oleh tim. Jumlah meninggal dunia terdampak gempa Lombok untuk di Lombok Timur adalah 40 orang. Santunan yang akan diberikan kepada ahli waris tersebut berjumlah Rp. 15.000.000/orang,” tutup Marwan (Kus).

 

Share this post