Kadis PMD Lotim Dorong Pemdes Tingkatkan Kualitas SDM

Kadis PMD Lotim Dorong Pemdes Tingkatkan Kualitas SDM

Lombok Timur SR – Pada acara pengukuhan dan pelantikan perangkat desa di Desa Bandok Kecamatan Wanasaba, Senin (07/01/2019) lalu, Kepala Dinas PMD Lombok Timur H. M. Juaini Taofik dalam arahannya, mendorong pemerintah desa untuk memanfaatkan dana desa (DD) untuk peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM). Ia menyarankan agar kepala desa untuk tidak terlalu fokus terhadap pembangunan yang bersifat fisik saja.
“Tahun 2019 sebagaimana arahan Bapak Presiden, arahan Bapak Bupati agar desa-desa ini dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) yang ada didesanya,” pintanya.
Lebih jauh, Taufik, menjelaskan bahwa, desa juga tetap boleh membangun infrastruktur fisik asalkan jangan semua anggaran yang dimiliki oleh desa seluruhnya hanya difokuskan kepada kegiatan pembangunan fisik saja, bahwa dana desa tersebut.
Menurutnya juga sangat penting untuk meningkatkan kualitas sumberdaya masyarakat yang ada di desa, ia mencontohkan, bahwa bentuk-bentuk kongkrit dari peningkatan kualitas sumberdaya manusia yang diantaranya adalah upaya-upaya dalam meningkatkan derajat kesehatan, keterampilan dan pendidikan masyarakat.
“Perkuat posyandu itu, pastikan seluruh ibu hamil yang ada di Bandok ini dapat memeriksa kesehatan, pastikan juga warga-warga kita yang gizi burukkah namanya atau lahir dengan berat badan rendah, pastikan dia harus terfasilitasi di tempat-tempat kesehatan yang ada” pintanya.
Pastikan juga, lanjut H. Ofik begitu ia disapa, anak-anak yang saatnya masuk pendidikan PAUD atau TK agar didorong supaya bisa mengenyam pendidikan usia dini tersebut, karena menurutnya, dana desa (DD) yang di dapatkan oleh semua desa dapat dimanfaatkan untuk membantu lembaga PAUD atau TK yang ada diwilayah masing-masing, jika desa belum memiliki lembaga PAUD. Pemerintah desa diperbolehkan membantu lembaga yang ada diwilayahnya walaupun lembaga pendidikan tersebut milik yayasan.
“Kalau membangun fisiknya tidak boleh, tetapi kalau memberikan PAUD yayasan itu alat bermainnya atau insentifnya, itu silahkan boleh, karena ini berkaitan dengan aset, karena tujuan kita sama” jelasnya.
Pada acara pelantikan dan pengukuhan perangkat Desa Bandok Kecamatan Wanasaba dirangkai pula dengan pelantikan pengurus Karang Taruna yang dihadiri pula Camat Wanasaba, anggota BPD, LKMD, Pendamping Desa, tokoh agama, tokoh masyarakat, pemuda dan seluruh elemen masyarakat Desa Bandok. (adi)

Share this post