Mobil Tronton Biang Kemacetan Jalan Pusuk KLU

Mobil Tronton Biang Kemacetan Jalan Pusuk KLU

LOMBOK UTARA SR – Kondisi jalan di Pusuk Lombok Utara yang sempit dan berbahaya kerap kali menyebabkan kecelakaan apalagi kondisi jalan yang licin akibat di guyur hujan seperti pada musim hujan saat sekarang. Yang lebih parah lagi bila mobil-mobil berukuran besar seperti truk tronton ataupun truk berbadan besar yang mempunyai roda sampai 12 roda nekat melalui jalur kecil ini.
“Kalau bisa mobil yang berukuran besar ini jangan diberikan ijin jalan lewat jalur Pusuk,hal ini yang menyebabkan terjadinya kecelakaan,” kata salah PNS yang bekerja di KLU dan tinggal di Mataram, Muhardi, Selasa (08/01).
Menurutnya mobil-mobil yang berukuran besar baiknya dapat melewati jalur Senggigi yang jalannya lebih lebar dan aman. Selain itu juga tidak jarang mobil berukuran besar ini sering mogok di jalan akibat tidak kuat di jalan tanjakan. Bahkan ada sebuah mobil yang sudah enam bulan mogok dan sampai saat sekarang terparkir di pinggir jalan utama Pusuk. Bahkan yang lebih parah mobil truk mengalami patah as di tengah jalan dan mogok di tengah jalan sehingga membuat kemacetan cukup panjang.
Sementara itu, Kepada Dishub KLU Agus Tysno mengatakan, masalah mobil truk besar yang lewat jalur Pusuk tidak bisa dilarang begitu saja. Saat ini akses jalan yang aman menuju KLU hanya jalur Pusuk saja.
“Kalau harus melalui jalur Senggigi bagi truk besar ini tentu sangat sulit mengingat jalur Senggigi mempunyai banyak tanjakan panjang dan bagi truk besar yang membawa barang cukup banyak akan sulit melewatinya,”kata Agus.
Mungkin yang paling pas untuk mengaturnya dibuatkan jadwal pada malam hari dimana truk-truk besar ini hanya di berikan ijin jalan pada malam hari ketika tidak banyak kendaraan lewat.Tetapi untuk mengatur ini perlu regulasi dan ini menjadi urusan pihak Propinsi.
Lebih lanjut dikatakan Agus, kendaraan truk besar yang lewati Pusuk saat ini banyak mengangkut kebutuhan sembako warga KLU dan yang lebih utama saat ini untuk mengangkut material bangunan untuk korban gempa bumi. Adanya kendaraan truk besar yang mogok seharusnya pemilik kendaraan mengecek kelayakan kendaraannya apakah kuat tidak melewati jalur Pusuk.
“Pemiliknya jangan memaksa kendaraannya apabila mobilnya sudah tidak layak jalan karena yang sering menyebabkan macet di Pusuk,” pungkasnya.(ndk).

Share this post