Wabup Resmikan Puskesmas Suralaga

Wabup Resmikan Puskesmas Suralaga

Lombok Timur SR – Wakil Bupati Lotim H.Rumaksi SJ, SH meresmikan Puskesmas Suralaga, Kamis ( 10/01/2019).
Dalam sambutannya Wabup penguatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), sebagai salah satu fokus pembagunan tahun 2019, dengan memperhatikan bidang kesehatan.
“Puskesmas ini menggenapi jumlah Puskesmas di Lotim, yang saat ini berjumlah 32 Puskesmas. Dengan jumlah penduduk saat ini, idealnya memiliki 40 Puskesmas,”ungkapnya.
Ditambahkan Rumaksi, di tahun 2019 ini, pemerintah juga menganggarkan Rp. 10 milyar, untuk Puskesmas Keruak dan Rp. 5 milyar untuk Puskesmas Aikmel. Anggaran itu, guna penambahan sarana dan prasarana, sebagai persiapan peningkatan menjadi Rumah Sakit Tipe C.
“Pemerintah Lotim tahun 2019, fokus memperhatikan penguatan bidang kesehatan,” jelasnya. Hal ini terlihat dengan dialokasikanya anggaran kesehatan sebesar Rp. 183.459.253,00 atau 10.11 persen, dari total belanja daerah di luar gaji pegawai.
Terakhir Rumaksi berharap dengan semakin bertambahnya jumlah Puskesmas, edukasi pentingnya kesehatan ini dapat semakin meningkat melalui upaya promotif dan preventif yang menjadi kekuatan Puskesmas.
Pada kesempatan itu, Wabup tekankan masyarakat Lotim, untuk dapat berpartisipasi, dalam pembangunan yang diwujudkan dalam bentuk pembayaran pajak Bumi dan Bangunan (PBB) tepat waktu. Para pejabat di Lotim juga dimintanya pro aktif menjemput anggaran-anggaran yang ada di pemerintah pusat.
Sementara dalam laporanya, Ketua Panitia Penyelenggra L.Muhir, S.Ag menyampaikan, gambaran umum Kecamatan Suralaga dengan.Luas wilayah 27,2 km atau 2.700 H, dengan jumlah penduduk 75.000 jiwa, dengan kata gori penduduk padat. Sehingga, sangat rentan dengan masalah kesehatan, ibu melahirkan dan masih tingginya angka kematian bayi.
Daya jangkau pelayanan Puskesmas Suralaga 65 persen dari jumlah penduduk Suralaga, dengan jangkauan Pelayanan Kesehatan di 7 Desa yakni Desa Suralaga Anjani, Pagik Payung, Bagik Payung Selatan, Bagik Payung Timur dan Waringin.
Untuk memaksimalkan pelayanan kedepan, diharapkan adaya tambahan pelayanan keaehatan diwilayah Timur yang presentatif, sesuai agar Visi dan Misi pemeritah saat ini, sehingga dapat berjalan sesuai yang diharapkan masyarakat.
Acara peresmian ditandai dengan penguntingan pita oleh Wakil Bupati Lombok Timur didampingi Kepala Dinas Kesehatan dan disaksikan seluruh tamu undangan. (vin)

Advertisements

Share this post

Post Comment

Or