Wasaillah : PID Untuk Meningkatkan Efektitifitas Penggunaan Dana Desa

Wasaillah : PID Untuk Meningkatkan Efektitifitas Penggunaan Dana Desa

Lombok Timur SR – Pada Musyawarah Antar Desa (MAD) yang diselenggarakan oleh Tim pelaksana inovasi desa (TPID) dan Pendamping Desa kecamatan Wanasaba di aula kantor Camat Wanasaba Jumat (11/1) lalu, dihadapan seluruh Kepala Desa, BPD, LKMD, se-Kecamatan Wanasaba, Wasaillah, tenaga ahli (TA) bidang teknologi tepat guna (TTG) pada program pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa (P3MD) Lombok Timur menjabarkan tujuan dari program inovasi desa (PID).
Menurutnya, program inovasi desa dihadirkan untuk meningkatkan efektifitas penggunaan dana desa yang telah diterima oleh desa di setiap tahunnya, untuk meningkatkan kualitas penggunaan dana desa melalui berbagai kegiatan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa yang lebih inovatif dan peka terhadap kebutuhan masyarakat desa.
“Supaya pemanfaatannya (DD) lebih efektif, lebih tepat guna, lebih tepat sasaran sesuai dengan kebutuhan masyarakat, sesuai dengan potensi yang ada di desa,” jelasnya.
PID dirancang untuk mendorong dan memfasilitasi penguatan kafasitas desa yang diorientasikan pada peningkatan produktivitas perdesaan seperti pengembangan ekonomi lokal dan kewirausahaan, pemenuhan dan peningkatan infrastruktur pedesaan serta peningkatan kualitas sumber daya manusia.
Artinya bahwa, sambung Wasail panggilan akrabnya, pembangunan yang ada di desa harus seiring dengan kebutuhan dan pertumbuhan masyarakat desa, kemudian PID juga bertujuan untuk mengembangkan potensi dan sumberdaya yang ada sesuai dengan karakter desa masing-masing.
“Misalnya pengembangan potensi pertanian dan pengembangan badan usaha milik desa (BUMDes) serta peningkatan kesejahteraan, ekonomi dan sosial masyarakat desa lainnya,”ungkapnya.
Kepada seluruh kepala desa, agar apa yang telah direncanakan dan anggarkan terutama terkait dengan kartu ide dan kartu komitmen yang telah ditanda tangani pada bursa inovasi desa (BID) beberapa bulan lalu dapat tertuang di dalam anggaran pendapatan dan belanja desa (APBDes), sehingga dapat direalisasikan, sebab kegiatan tersebut akan ditindak lanjuti pada tahun berikutnya. (Adi)

Advertisements

Share this post

Post Comment

Or