SUARA PENDIDIKAN 

Tumbuhkan Minat Menulis, MA Muallimat NW Anjani Gelar Diklat Mading

Lombok Timur SR – Sebagai upaya untuk meningkatkan gairah tulis menulis di kalangan siswi, Organisasi Intra Siswi Madrasah (OSIM) MA Muallimat NW Anjani, memggelar Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Majalah Dinding (Mading), selama dua hari mulai 22-23 Nopember 2018 di Aula madrasah setempat.
Dalam sambutannya, Wakil Kepala Madrasah Bidang Kurikulum, Hasan Asyari, SH mengungkapkan bahwa kegiatan semacam ini sangat positif untuk merangsang anak- anak dalam hal tulis menulis dan mengembangkan kreatifitas siswi MA Muallimat NW Anjani.
“Banyak muncul penulis-penulis ternama yang berangkat dari rajin menulis sejak dini, semua karena mereka rajin melatih diri sejak awal. Oleh sebab itulah anak-anak ku mulailah dari sekarang untuk menulis. Manfaatkan diklat ini sebagai awal kalian belajar menulis. Entah apapun yang penting harus beranikan diri untuk menulis,”katanya saat membuka acara Diklat Mading, Kamis (22/11/2018).
Lanjutnya, kepada para siswi agar mengikuti acara diklat ini dengan sebaik-baiknya agar mendapatkan hasil yang besar.
“Mari gapailah masa depan yang cerah dengan cara menulis,”pintanya.
Hal senada juga diungkapkan Pembina OSIM Bidang Jurnalistik dan Karya Ilmiah Remaja (KIR), Hasanah Efendi bahwa kelemahan siswa – siswi kita hampir di semua sekolah ada pada kegiatan tulis menulis, bahkan guru maupun dosen juga banyak yang enggan melakukan kegiatan tulis menulis. Padahal itu sangat penting dalam mengeskpresikan dan memberikan masukan kepada para pemangku kebijakan dalam mengambil keputusan publik.
“Nah Majalah Dinding ini adalah media komunikasi yang paling sederhana dan murah untuk menyampaikan persoalan dan ekspresi bagi siswa,” ungkapnya.
Sebelumnya, Kepala MA Muallimat NW Anjani, St. Rahma Hayati, SHI, menyatakan bahwa ke inginannya menjadikan siswi MA Muallimat agar menjadi siswi yang kreatif, aktif dan penulis handal.
“Melalui pelatihan Mading ini bisa jadi jembatan siswi menjadi penulis profesional. Selain itu juga nanti pada class meeting setelah semester akan kita lombakan Mading ini setiap kelasnya,” jelasnya.
Rahma Hayati juga menegaskan kegiatan tulis menulis ini terus dikembangkan melalui pelatihan Karya Ilmiah Remaja (KIR) secara berkesinambungan untuk terus mengembangkan potensi siswi dalam hal menulis.
“Madrasah siap memfasilitasi kalau ada siswi kita yang menekuni KIR ini sekemampuan kita,” pungkasnya.
Dalam laporannya, Ketua OSIM MA Muallimat NW Anjani, Santriwati, menyampaikan bahwa yang mengikuti Diklat Mading ini semua kelas dari kelas X-XII yang diwakili 6 orang perkelas yang diharapkan menjadi pengurus Mading di kelasnya masing-masing. (Vin)

Related posts

%d blogger menyukai ini: