Bupati Kecewa, Minim Kehadiran ASN pada Upacara Hari Pahlawan

Bupati Kecewa, Minim Kehadiran ASN pada Upacara Hari Pahlawan

Lombok Timur SR – Hari Pahlawan diperingati setiap tanggal 10 November. Tahun ini peringatan hari pahlawan tingkat Kabupaten Lombok Timur digelar di tiga tempat dengan waktu yang bersamaan pada jam 07.30 wita, yakni Upacara bendera di halaman kantor bupati dengan Inspektur Upacara Bupati Lombok Timur, Upacara pelarungan dan tabur bunga di laut yang diselenggarakan di Pelabuhan Labuhan haji dengan Inspektur Upacara Kapolres Lombok Timur dan upacara Ziarah Nasional di Taman Makam Pahlawan “Rinjani” Selong dengan Inspektur Upacara Komandan Kodim 1615 Lotim.
Bupati Lombok Timur, H. M. Sukiman Azmy yang bertindak selaku Inspektur Upacara, pada Upacara bendera Peringatan Hari Pahlawan ke-73 di halaman Kantor Bupati Lombok Timur, Sabtu (10/11) pada kesempatan itu membacakan amanat tertulis Menteri Sosial RI, dipaparkan sekelumit sejarah Peringatan Hari Pahlawan, yaitu untuk mengenang peristiwa pertempuran di Surabaya pada 73 tahun silam. Peristiwa ini tercatat sebagai perang fisikpertama setelahbangsa Indonesia menyatakan kemerdekaannya.
Bulan November selalu membawa ingatan kolektif bangsa pada keberanian, semangat pantang menyerah serta pengorbanan tanpa pamrih para pahlawan yang telah gugur. Para syuhada bangsa ini telah mewariskan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdiri kokoh sampai saat ini dan untuk selamanya.
Peringatan Hari Pahlawan bertujuan memperkuat nilai-nilai kepahlawanan, mempertebal rasa cinta tanah air dan meneguhkan semangat pengabdian bagi bangsa dan negara di hati sanubari bangsa Indonesia. Peringatan Hari Pahlawan sudah seharusnya dapat menggali dan memunculkan nilai semangat baru dalam implementasi nilai-nilai kepahlawanan tersebut dalam kehidupan sehari-hari.
Peringatan Hari Pahlawan merupakan momentum bagi bangsa lndonesia untuk melakukan introspeksidiri, seberapa jauh setiap komponen bangsa dapat mewarisi nilai-nilai kepahlawanan, melanjutkan perjuangan, mengisi kemerdekaan demi mencapai Negara Kesatuan Republik Indonesia yang sejahtera, adil dan makmur.
Setiap zaman memilikipahlawannya. Terkaitdenganhaltersebut, bangsa Indonesia dinilai memerlukan pahlawan baru, sosok yang berdedikasi dan berprestasi pada bidangnya untuk memajukan negeri ini. Pahlawan ini diharapkan dating dari sosok pemuda lndonesia sebagai generasi penerus yang mempunyai jiwa patriotisme, pantang menyerah, berdisiplin, berkarakter, menguasai ilmu pengetahuan keterampilan di bidangnya, dan sadar bahwa negerinya memilki beragam agama, suku, adat istiadat namun mampu memanfaatkan keberagaman sebagai modal sosial yang dipergunakan untu keunggulan Indonesia dalam pergaulan dunia, bukan menghambat kemajuan bangsa.
Bangsa Indonesia diajak berkontribusi bagi kemajuan bangsa, dari diri sendiri, lingkungan terdekat yang pada akhirnya memberikan kekuatan dan ketahanan bagi bangsa dan negara. “Kobarkan terus semangat pahlawan di dada, toreh kanprestasi yang membawa harum nama bangsa dan negara. Jaga selalu persatuan dan kesatuan dalam jalinan toleransi dan kesetiakawanan sosial. Semoga semangat pahlawan senantiasa mewarnai setiap langkah kita,” imbuhnya.
Bupati juga menyorot tingkat kehadiran ASN Pemkab Lombok Timur yang tidak banyak bahkan terkesan tidak menghargaan jasa-jasa pahlawan yang telah berjuang mendirikan bangsa Indonesia dengan cucuran keringat dan darah bahkan dengan nyawanya.
“Saya sangat kecewa karena sedikit yang hadir pada apel hari pahlawan ini. Saya terima laporan secepatnya kenapa mereka (ASN) tidak hadiri apel hari Pahlawan pada hari ini,”pinta Bupati dengan nada kecewa.
Upacara Peringatan hari pahlawan tahun ini mengangkat tema : “Semangat Pahlawan di Dadaku”. Tema yang sederhana namun penuh makna.
Upacara di tiga lokasi ini berlangsung tertib dan khidmat dihadiri Pejabat Sipil lingkup Pemkab. Lotim, Perwira TNI dan Polri serta Veteran dan organisasi wanita dengan peserta upacara ASN lingkup Pemerintah Kabupaten Lombok Timur, Mahasiwa, Pelajar, Kwarcab gerakan Pramuka, Pemuda, unsur TNI dan Polri.
Usai upacara ini, dilanjutkan dengan Ziarah Rombongan ke Makam Pahlawan Nasional TGKH. Muhammad Zainuddin Abdul Madjid yang dihadiri Gubernur, Wakil Gubernur, insur Forkopimda, Kepala OPD Provinsi dan Kab.Lotim , Tokoh agama dan tokoh masyarakat, serta undangan lainnya.(vin)

Share this post