Bupati Lotim Resmikan Puskesmas Pembantu Labuhan Pandan dan Sambelia

Bupati Lotim Resmikan Puskesmas Pembantu Labuhan Pandan dan Sambelia

Lombok Timur SR – Bupati Lombok Timur, H. M. Sukiman Azmy menghadiri acara Peringatan Hari Kesehatan Nasional, Hari Bangunan Indonesia, Ulang Tahun Layanan Kesehatan Cuma-cuma Dompet Dhuafa sekaligus peresmian Gedung Puskesmas Pembantu Labuhan Pandan serta Peresmian Pos Sehat Dusun Gubuk Lauq Desa Sambelia, Senin (12/11).
Bupati Lombok Timur dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimaksih dan rasa syukur atas bantuan dari PT. Indocement dan Dompet Dhuafa dalam membantu masyarakat Lombok Timur. “Ini patut kita berikan apresiasi, semoga apa yang telah dilakukan tercatat sebagai amal ibadah dan dibalas lebih dari itu oleh Allah SWT,” ucap Bupati.
Ia juga mengungkapkan, sampai saat ini belum ada perkembangan yang signifikan terhadap pembangunan rumah permanen yang dijanjikan oleh Pemerintah, di Sembalun bahkan masih 0% termasuk pembangunan di Sambalia dan Pringgabaya masih minim. Semua ini disebabkan oleh adaya miss komunikasi antara aplikator, fasilitator rekompak dengan kelompok masyarakat. Sementara itu musim penghujan sudah mulai dan hunian sementara tidak layak digunakan.
Disampaikannya pula, minggu ini seluruh masyarakat yang terdaftar terutama yang terdampak gempa, baik yang rumahnya rusak ringan, sedang dan berat akan diberikan santunan dari Pemerintah Kabupaten Lombok Timur sebanyak Rp. 1 juta rupiah.
“Dengan santunan tersebut dapat dimanfaatkan untuk segera meninggalkan tenda dan kembali ke rumah masing-masing, apa yang telah diberikan tolong gunakan dan pelihara sebaik mungkin,” harap Sukiman.
Dan sebagai tambahan, Bupati akan memberikan 2 unit rumah dari rangka baja sebagai tambahan pelayanan bagi masyarakat. “Mudah-mudahan ini semua mendatangkan manfaat bagi kita semua”, ungkap Sukiman di akhir sambutannya.
Sebelumnya, Direktur Utama Dompet Dhuafa yang diwakili Manager Program Kesehatan Dompet Dhuafa, Sifing Lestari, menyampaikan salam takzim dari Dirut Dompet Dhuafa yang tidak dapat hadir karena ada tugas yag tidak bisa ditinggalkan dan terimakasih untuk semua pihak yang tergabung dalam jajaran Pemerintah dan masyarakat sehingga apa yang dihajatkan dapat terselesaikan dengan baik.
Ada 5 kegiatan yang dilaksanakan oleh Dompet Dhuafa hari ini yaitu, Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke 54 tanggal 12 November, Peringatan Hari bangunan yg jatuh pada tanggal 11 November, Peringatan ulang tahun Layanan Kesehatan Cuma Cuma yang ke 17, Peresmian gedung bangunan Pustu Labuhan Pandan, persembahan Dompet Dhuafa dan Indocement, Peresmian pos sehat dusun Gubuk Lauq.
“Semoga kegiatan ini dapat membantu masyarakat Lombok khususnya Kecamatan Sambelia Kabupaten Lombok Timur untuk bangkit menyambut kehidupan baru dengan semangat baru”, harapnya.
Hal yang sama juga disampaikan Manager Marketing PT. Indocement yang diwakili
Marketing Communications Departement Head, Kelvin Tjendar mengatakan bahwa produsen Semen Tiga Roda, bekerjasama dengan Dompet Dhuafa memberikan bantuan kepada masyarakat yang menjadi korban gempa di Lombok melalui edukasi bangunan tahan gempa dan pembangunan satu unit bangunan Rumah Pracetak Indocement (RAPI) yang akan dimanfaatkan sebagai Puskesmas Pembantu di Kecamatan Sambelia, tepatnya di Jalan Raya Sambelia, Labuhan Pandan, Kecamatan Sambelia, Kabupaten Lombok Timur.
Pembangunan Puskesmas Pembantu dengan penerapan bangunan pracetak tahan gempa ini sebagai tindak lanjut dari program edukasi tahan gempa yang telah dilaksanakan Indocement sebelumnya di Lombok Barat, Lombok Utara dan Lombok Timur. Pembangunan ini adalah perwujudan semangat Hari Bangunan Indonesia (HBI) yang jatuh pada 11 November dalam upaya menciptakan bangunan dan tenaga pembangun berkualitas dengan menerapkan prinsip kearifan lokal Indonesia.
Dibantu para tukang bangunan yang sebelumnya telah mendapatkan edukasi bangunan tahan gempa dari Indocement, Puskesmas dengan konsep RAPI ini dapat diselesaikan dalam kurun waktu kurang dari dua minggu, ungkapnya.
Dengan dibangunnya Puskesmas Pembantu ini, Indocement berupaya menyalurkan semangat Hari Bangunan Indonesia kepada masyarakat Lombok agar bangkit dan bersama-sama menyiapkan bangunan tahan gempa yang aman untuk seluruh masyarakat.
Pada kesempatan itu juga Manager Marketing PT. Indocement dan Direktur Utama Dompet Dhuafa memberikan cindera mata kepada Bupati Lombok Timur dan selanjutnya Bupati Lombok Timur dan Manager program kesehatan dompet dhuafa melakukan pemotongan pita sebagai tanda diresmikannya bangunan Puskesmas Pembantu Labuhan Pandan.
Turut hadir dalam acara ini, Kepala Dinas Kesehatan, Camat Sambelia, Kapolsek Sambelia dan tamu undangan lainnya. (vin)

Share this post