Sebanyak 507 Mahasiswa Baru  IAIH NW Lotim Ikuti Master 2018

Sebanyak 507 Mahasiswa Baru  IAIH NW Lotim Ikuti Master 2018

Lombok Timur SR – Institut Agama Islam Hamzanwadi (IAIH) NW Lombok Timur, menggelar pembukaan Masa Orientasi Almamater (MASTER) bagi mahasiswa baru tahun akademik 2018/2019, di halaman kampus setempat, Minggu (23/09/2018).
Kegiatan Master 2018 dibuka dengan apel bendera dan pelepasan burung merpati sebagai simbol dimulainya masa pengenalan kampus bagi mahasiswa baru tersebut.
Wakil Rektor I Bidang Akademik Drs. H. Azharullail, M.Pd.I bertubdak sebagai pembina upacara.  Dalam pidatonya Azharullail, mengucapkan selamat datang kepada mahasiswa baru. “Selamat bergabung menjadi keluarga besar IAIH NW Lombok Timur. Kampus ini siap membina saudara menjadi insan yang cerdas, intelektual dan bermartabat sebagai generasi penerus bangsa dengan mengedepankan nilai-nilai agama dalam kehidupan bermasyarakat,” ucapnya.
Ia juga menekankan kepada mahasiswa baru agar selalu taat dan tunduk terhadap semua aturan akademik di kampus IAIH dengan tetap mengedepankan nilai-nilai ilmiah dan profesionalisme sebagaimana yang sudah berjalan selama ini sesuai dengan motto IAIH NW Lombok Timur “Ramah Layanan, Santun dalam Tindakan”.
H. Azharullail juga mengingatkan kepada para senior yang menjadi panitia Master 2018 agar menjadi contoh dan memberikan bimbingan bagi mahasiswa baru sehingga proses adaptasinya dengan kampus lebih cepat.
“Master tahun ini tidak boleh dilaksanakan dengan kekerasan, dalam memberikan hukuman kepada mahasiswa baru yang tidak disiplin, hukumannya harus bersifat edukasi dengan azas humanisme,” tegasnya.
Ketua Panitia Pelaksana, M. Abdul Majid Zuhri menyampaikan, Mater IAIH 2018 diikuti sebanyak 507 mahasiswa baru yang terdiri dari 6 program studi dengan perincian Fakultas Tarbiyah dengan Prodi PGMI sebanyak 72 orang, prodi PAI 161 orang dan Prodi PBA sebanyak 83 orang , Fakultas Syariah dengan prodi Muamalah sebanyak 63, prodi Ahwal As-syasiah 28 orang, sedangkan Fakultas Dakwah dengan Prodi Komunikasi Penyiaran Islam (KPI)  sebanyak 100 orang.
“Master (masa orientasi almamater) dilaksanakan selama 7 hari mulai hari ini Ahad tanggal 23/9/2018 sampai dengan hari sabtu 30/9/2018,” jelasnya.
Ia juga menjelaskan panitia melaksanakan pra master selama 2 hari sebelum pelaksanaannya hari ini, sebagai bentuk pengecekan kesiapan asesoris dari peserta. “Master tahun ini kami kemas dengan mengedepankan berbagai aktivitas yang dapat membuat para calon mahasiswa baru lebih mengenal almamaternya serta memupuk semangat untuk belajar dan berkarya,” terangnya.
Sedangkan, Ketua BEM IAIH NW Lotim Abdul Aziz dalam kesempatan tersebut kepada awak media SR  menjelaskan makna pelepasan burung merpati pada pelaksanaan Master 2018 ini sebagai simbol kebebasan mahasiswa berfikir dan berkreasi dalam mengisi kemerdekaan bangsa melalui organisasi NW.
“Setinggi apapun burung Merpati terbang, tapi tetap akan kembali.
Artinya sehebat apapun mahasiswa IAIH berfikir dan berbuat, tapi tetap kembali kepada satu rel dan garis perjuangan organisasi Nahdlatul Wathan karena bagaimanapun juga IAIH NW Lotim dibawah naungan organisasi NW, jadi mahasiswa harus tetap mengedepankan etika sebagaimana akhlak seorang santri NW dimanapun, kapanpun, dan sama siapapun temannya bergaul,” jelasnya.
Pembukaan Master IAIH NW Lombok Timur 2018 dihadiri juga unsur pimpinan lainnya di lingkup kampus IAIH NW Lombok Timur seperti Wakil Rektor II, Wakil Rektor III, Dekan masing-masing Fakuktas, Kepala Biro, Dosen dan Karyawan serta tamu undangan lainnya.
Pada Master 2018 ini mengambil Tema “Membentuk Karakter Ilmiah Mahasiswa Sebagai Harapan Bangsa.” (vin)

Share this post