KPU Lotim Tetapkan Lokasi Pemasangan APK Peserta Pemilu 2019

KPU Lotim Tetapkan Lokasi Pemasangan APK Peserta Pemilu 2019

Lombok Timur SR – Bertempat di Lesehan Purnama Masbagik, Rabu (19/09/2018) Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lombok Timur menggelar rapat koordinasi penentuan lokasi pemasangan Alat Peraga Kampanye (APK) dan dana kampanye bagi peserta Pemilu 2019.
Ketua KPU Lombok Timur Muh. Saleh menyampaikan bahwa penggunaan fasilitas umum untuk kampanye perlu dikoordinasikan dengan Pemda Kabupaten Lombok Timur.
“Mengenai pemasangan alat praga di tempat umum merupakan domain dari pemerintah daerah sehingga pada rapat ini kami mengundang bapak dari Pemda untuk meminta saran dan masukan,” ungkap Muh. Saleh.
Selanjutnya, berdasarkan penuturan Saleh diketahui kampanye pertemuan terbatas dan tatap muka dan penyebaran bahan kampanye akan berlangsung hingga 13 April 2018, sedangkan kampanye bentuk lain seperti iklan kampaye di media cetak dan elektronik, rapat umum dan debat publik untuk calon Presiden dan Wakil Presiden dimulai dari 20 hari sebelum massa tenang.
Pada kesempatan yang sama, Edi Purnomo dari Bapeda Kabupaten Lombok Timur menyampaikan khusus untuk fasilitas umum yang akan digunakan oleh KPU dan Parpol untuk pemasangan APK tidak dikenakan biaya.
Adapun lokasi strategis untuk pemasangan APK menurut Edi Purnomo adalah di dekat Pertamina Rarang, PTC Pancor, pojok rumah sakit Soedjono Selong, pojok kantor PLN Selong, jembatan SPBU Paok Motong.
Rapat tersebut menghasilkan beberapa kesimpulan diantaranya KPU Lombok Timur akan menentukan titik pemasangan APK sesuai dengan wilayah Dapil masing-masing dengan memperhatikan potensi lokasi yang strategis dan tidak melanggar atauran tata kota, selanjutnya KPU Lombok Timur akan membuatkan SK terkait penetuan titik lokasi.
Sebaran Alat Peraga Kampanye Calon DPRD Lombok Timur terdiri dari Dapil I (4 kecamatan), Dapil II (5 kecamatan), Dapil III (3 Kecamatan), Dapil IV (3 kecamatan) dan Dapil V (5 Kecamatan).
Rapat tersebut dihadiri, Ketua KPU Lombok Timur & Anggota Komisioner, Kabag Ops Polres Lotim, perwakilan Bapeda Lotim, Kepala Bakesbangpoldagri, ketua partai politik peserta pemilu 2019 sebanyak 16 orang, perwakilan Dinas PPKA Kabupaten Lotim, perwakilan Sat Pol PP Kabupaten Lotim. (Vin)

Share this post