Camat Wanasaba Imbau BPD Jalin Sinergi dengan Pemdes

Lombok Timur, SR – Diharapkan kepada Dewan Permusyawaratan Desa (BPD), dapat melaksanakan tugas-tugasnya dengan sebaik-baiknya, pelajari tugas pokok dan fungsi BPD sebagai mitra kerja pemerintah desa. Setidaknya, ada tiga fungsi BPD yakni membahas Peraturan Desa, membahas Penganggaran dan Melakukan Kontrol terhadap pemerintah desa, sama seperti Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) yang mengemban tiga fungsi tadi. Disamping itu juga BPD sebagai lembaga penyerap aspirasi masyarakat, tanpa BPD maka pemerintah desa akan pincang. Apa yang dikerjakan oleh Kepala Desa tanpa persetujuan BPD tentu inkonstitusional.
“ Untuk itu kami mohon kepada semua anggota BPD bekerjasama dalam membangun desa ke arah yang lebih baik, bersinegi dengan Kepala Desa untuk membangun desanya, silahkan mengambil inisitif, bagaimana caranya supaya desa yang paling dalam ini, jauh dari kota namun dapat menjadi desa yang maju dan berkembang dan dapat menjadi contoh bagi desa-desa lainnya,” kata Camat Wanasaba M. Saleh MM dalam sambutannya pada pengambilan sumpah anggota Dewan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Mamben Baru Kecamtan Wanasaba, jumat (7/9).
Lebih jauh, Ia mengingatkan agar BPD dan kepala desa selalu berkoordinasi dalam menjalankan pemerintahan. Dengan sinergitas tersebut, dia yakin, akan berdampak pada kualitas roda pemerintahan desa itu sendiri, juga masing-masing lembaga desa harus melaksanakan peran dan fungsi yang digariskan undang-undang.
“Kerja sama menjadi hal utama kepala desa dan BPD serta lembaga desa lainya, untuk meningkatkan kemampuan pemerintahan desa itu sendiri, itu perlu diingat,” pesannya.
Camat berharap kerja sama yang baik akan menciptakan suasana yang nyaman dan aman, dalam penyelenggaraan pemerintah di desa. Dengan demikian, dia yakin nantinya kebijakan maupun produk hukum pemerintahan desa seperti Perdes, Awik-awik dan sejenisnya yang dihasilkan, dapat di pertanggungjawabkan bersama untuk mewujudkan kemajuan dan peningkatan kualitas masyarakat.
“Gali potensi-potensi dan sumber daya yang ada serta persoalan-persoalan masyarakat, beri masukan dan sampaikan kepada pemerintah desa” imbaunya.
Senada dengan Camat Wanasaba, Kepala Desa Mamben Baru, Lukman, dalam sambutannya meminta kepada BPD yang baru adanya keselarasan, sinergi dalam rangka membangun desa, karena jika pemerintah desa dan BPD tidak sejalan dalam membangun tentu ini juga merupakan bagian dari penghambat jalannya roda pembangunan.
“Mari kita bekerjasama membangun desa, jika ada persoalan-persoalan di masyarakat, mari kita duduk bersama untuk menyelesaikan” pintanya.
Dalam acara pelantikan dan pengambilan sumpah BPD Desa Wanasaba turut hadir, anggota dan Ketua LKMD, tokoh masyarakat, tokoh agama, pemuda serta pendamping desa. (Adi)

Share this post