KPU Lotim Tetapkan 880.777 DPT Pemilu 2019 Hasil Perbaikan

KPU Lotim Tetapkan 880.777 DPT Pemilu 2019 Hasil Perbaikan

 

Lombok Timur SR – Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Lombok Timur, menggelar Rapat Pleno Penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) hasil perbaikan Pemilu 2019 Kabupaten Lombok Timur, di aula KPU setempat, Kamis (13/09/2018).
Rapat Pleno tersebut dihadiri Ketua KPU Lombok Timur bersama anggota, Ketua BAWASLU Lombok Timur bersama anggota, BAWASLU Provinsi yang diwakili Suhardi, pengurus Parpol, Ketua dan anggota PPK dan PANWASCAM.
Berdasarkan hasil rapat pleno terbuka rekapitulasi penetapan ditetapkan bahwa jumlah DPT Pemilu 2019 di Kabuapten Lombok Timur adalah 880.777 orang yang terdiri dari 425.269 laki-laki dan 455.508 perempuan.
Pada kesempatan tersebut, Ketua KPU Lombok Timur, Muh Saleh menyampaikan bahwa ada masukan dari partai politik yaitu ditemukan ada kegandaan pemilih sehingga mendorong Bawaslu Pusat membuat rekomendasi untuk diadakan pencermatan ulang.
“Sebenarnya DPT sudah kita tetapkan pada tanggal 20 Agustus yang lalu bertempat di bawah tenda di halaman Kantor KPU Lotim dalam suasana gempa,” katanya.
Lanjut Saleh, kemudian dilanjutkan dengan proses rekapitulasi di tingkat propinsi dan di tingkat pusat (KPU RI). Pada saat rekap di tingkat pusat ada masukan dari Parpol bahwa ditemukan lebih kurang 25 juta kegandaan sehingga mendorong Bawaslu pusat membuat rekomendasi untuk di adakan pencermatan ulang.
“Sebenarnya untuk Nusa Tenggara Barat yang diminta untuk melakukan pencermatan adalah Kabupaten Lombok Tengah,Kota Bima dan Dompu, sedangkan Lombok Timur tidak termasuk yang direkomendasikan infonya. Tapi kita di Lombok Timur mendapat rekomendasi dari BAWASLU Kabupaten dan menjadi kewajiban kita untuk menindak lanjuti,” ungkapnya.
Sementara itu, Ketua BAWASLU Lotim, Retno Sirnopti mengatakan bahwa pencermatan merupakan tugas bersama antara KPU dan BAWASLU, PPK dan PANWASCAM. “Kalau pencermatan dilakukan bersama-sama saya kira tidak akan ada masalah sehingga dapat dijamin rekomendasi yang kita berikan bisa dilacak dan informasinya bersifat faktual,” tandasnya.(vin)

Advertisements

Share this post

Post Comment

Or