SUARA PENDIDIKAN 

STMIK Syaikh Zainuddin NW Anjani Lepas Mahasiswa KKN

Lombok Timur, SR – Sekolah Tinggi Managemen Informatika dan Komputer (STMIK) Syaikh Zainuddin NW Anjani melepas mahasiswanya yang melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Senin (10/09/2018).
Pada KKN angkatan 7 ini, STMIK Syaikh Zainuddin NW mengirim 52 mahasiswanya di wilayah Kecamatan Lenek Kab. Lombok Timur selama 40 hari yang mulai tanggal 10 September sampai dengan 20 Oktober 2018.
Ketua Panitia Pelaksana KKN STMIK Syaikh Zainuddin NW Anjani melalui Sekretarisnya, L. Fuji Indra Kharisma, S.Kom., M.Cs. menjelaskan, KKN STMIK Syaikh Zainuddin NW Anjani merupakan salah satu dari implementasi dari Tri Darma Perguruan Tinggi yakni Pengabdian pada masyarakat, mahasiswa mempraktekan ilmu yang telah diperoleh selama kuliah. Namun, yang terpenting adalah membantu pemberdayaan masyarakat.
“KKN berlangsung selama 40 hari, berakhir pada 20 Oktober 2018,” katanya, Senin, (10/9).
Lanjut Kharisma, KKN STMIK Syaikh Zainuddin NW tersebut diikuti 52 mahasiswa terdiri dari 21 mahasiswa Program Studi Sistem Informasi dan 31 mahasiswa Program Studi Teknik Informatika.
“Mereka tersebar di 5 Desa di Kecamtan Lenek Desa Lenek Pesiraman, Lenek Lauk, Sukarema, Kalijaga Baru dan Lenek Baru, mereka akan belajar sekaligus mengamalkan ilmunya di tengah-tengah masyarakat” tambahnya
Perwakilan dari Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) H. Muh. Shabir, M.Pd.I usai menyerahkan mahasiswa yang akan melaksanakan KKN di Desa Lenek Pesiraman menuturkan, KKN merupakan sarana bagi mahasiswa untuk berlajar bermasyarakat dengan mengabdikan ilmu pengetahuannya. Kendati demikian, dia mengingatkan, para mahasiswa harus bekerja sama dengan aparat desa dan masyarakat agar program atau kegiatan yang dilakukan sejalan dengan kondisi sosial desa setempat.
“Masyarakat desa memiliki pengalaman terhadap program yang akan dijalankan yang bisa jadi tak selaras dengan ilmu pengetahuan yang diperoleh mahasiswa di bangku kuliah. Untuk itu, harus ada kerja sama agar program KKN bejalan dengan baik,”. ucapnya.
Ia juga mengharapkan peserta KKN dapat membantu pelayanan adminitrasi pemerintahan Desa Lenek Pesiraman terutama yang terkoneksi dengan IT, selain menjalankan program yang telah direncanakan, sesuai dengan tema KKN pada tahun ini “Menuju Desa Melek Teknologi” tandasnya.
Penerimaan mahasiswa KKN STMIK Syaikh Zainuddin NW Anjani dilakukan di kantor Desa Lenek Pesiraman oleh staf Kecamatan Lenek. (Vin)

Related posts