Jokowi: Perolehan Medali Emas Indonesia Terbanyak Sepanjang Sejarah Asian Games

Jokowi: Perolehan Medali Emas Indonesia Terbanyak Sepanjang Sejarah Asian Games

Jakarta SR – Hingga hari Senin (27/8) pagi, atlet-atlet Indonesia yang membela Sang Saka Merah Putih dalam perhelatan Asian Games XVIII tahun 2018, telah mempersembahkan 12 medali emas, 13 perak, dan 25 perunggu.
Presiden Joko Widodo (Jokowi) tak dapat menyembunyikan kegembiraannya atas prestasi yang dicapai oleh atlet-atlet Indonesia ini.
“Ini perolehan medali emas terbanyak sepanjang sejarah keikutsertaan Indonesia di Asian Games,” tulis Presiden Jokowi melalui fanpage facebook-nya yang baru diunggahnya beberapa saat lalu.
Perolehan medali Indonesia itu, menurut Presiden, bahkan lebih banyak dari saat Indonesia menjadi tuan rumah pertama kali di 56 tahun lampau.
Dalam pesta olahraga negara-negara Asia itu, Presiden Jokowi dalam berbagai kesempatan berulang kali menegaskan, target Indonesia adalah berada di peringkat ke-10 dengan torehan 17 medali emas.
Sementara data terbaru masuk lagi, perolehan hujan emas datang dari cabang olahraga Pencak Silat yang benar-benar menjadi ladang medali emas bagi kontingen Indonesia pada ajang Asian Games XVIII tahun 2018.
Setelah siang tadi mempersembahkan 3 (tiga) medali emas, pada partai final sejumlah nomor yang digelar di Padepokan Pencak Silat, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, Senin (27/8) sore, cabang olahraga Pencak Silat kembali menambah 4 medali emas bagi kontingen Indonesia.
Keempat tambahan medali emas bagi Indonesia itu masing-masing dipersembahkan oleh Komang Harik Adi Putra pada nomor tunggal putra E kelas 65-70 kg. Komang dinyatakan menang tehnik, setelah lawannya Mohd. Jamari dari Malaysia mengundurkan diri beberapa saat sebelum pertarungan selesai.
Sedangkan emas ke-18 dipersembahkan oleh pesilat Iqbal Candra Pratama yang memenangkan nomor D: 60-65 kg. Ia mengalahkan lawannya Noch Toan Nguyen dari Vietnam.
Medali emas ke-19 dipersembahkan oleh Sarah Tria Monita dari dari nomor C: 55-60 kg, setelah mengalahkan pesilat Laos Nong Oy Vongphakdy.
Dan medali emas ke-20 dipersembahkan oleh Abdul Malik dari nomor kelas B: 50-55 kg. Abdul Malik mengalahkan lawannya, pesilat dari Malaysia, M. Nasir Muhammad Faizul.
Dengan demikian, sampai berita ini diturunkan Indonesia sudah mengantongi 20 medali emas, 14 perak, dan 26 perunggu sekaligus menempati posisi keempat melewati posisi Iran dari peringkat klasemen perolehan sementara medali Asian Games 2018. (*)

Share this post