TOP NEWS 

Kembali, Lombok NTB Diguncang Gempa Berturut-turut, Warga Berhamburan

Lombok Timur SR – Gempabumi itu datang lagi di Lombok NTB dan terus menghantui warga. Ahad (19/08/2018) dua kali gempabumi mengguncang Lombok Timur dengan jarak waktu yang sangat dekat. Gempa pertama berkekuatan 5.4 SR terjadi pada pukul 12.06 WITA lalu disusul 4 menit kemudian tepatnya pukul 12.10 WITA gempa lebih besar lagi dengan Magnitudo 6.5 Skala Richter (SR) dengan kedalaman 32 Timur Laut, Kabupaten Lombok Timur NTB.

” Guncangannya cukup kuat dirasakan di Lombok Timur, Lombok Tengah, Lombok Utara, Lombok Barat dan Mataram, sedang di Bali dirasakan lemah. Getaran juga terjadi cukup lama dirasakan sekitar 8 -10 detik. Tapi gempan ini tidak berpotensi Tsunami,” kata Kepala Humas BMKG Sutopo Purwo Nugroho, kepada media.

Akibat gempabumi tersebut dua wilayah pusat gempa yaitu Kecamatan Sambelia dan Sembalun Lombok Timur, mengalami kondisi yang cukup parah, karena banyak bangunan roboh akibat gempa yang terjadi siang bolong itu.
Warga yang berada di dalam rumah seketika berhamburan keluar dan mencari tempat aman dan menghindari bangunan.
Bahkan, info yang beredar melalui tayangan video amatir warga di medsos yang sempat mengabadikan kejadian gempa tadi terlihat lereng Gunung Rinjani mengalami kelongsoran yang mengakibatkan kabut debu beterbangan di langit Sembalun dan Sambelia.
Kabag Humas dan Protokol Setda Lotim, Ahmad Subhan, melalui WA mengungkapkan bahwa dua kecamatan terdampak gempa tadi yaitu Kecamatan Sambelia dan Sembalun yang cukup parah. Menurut informasi sementara banyak bangunan di dua kecamatan tersebut roboh dan hancur.
” Saat ini semua camat dan kepala desa di Lotim sedang mengecek rumah warga dan bangunan untuk mendata korban akibat gempa tadi,” katanya.
Ia mengingatkan bahwa warga tetap tenang dan berada di luar bangunan dan menghindari perbukitan untuk mengantisipasi longsoran akibat gempa tadi.(vin)

Related posts

%d blogger menyukai ini: