Sosok H.Rumaksi dari Kades, Anggota Dewan dan Jadi Wakil Bupati

Sosok H.Rumaksi dari Kades, Anggota Dewan dan Jadi Wakil Bupati

Lombok Timur, SR – H. Rumaksi lahir di Desa Bagek Papan Kecamatan Pringgabaya Kabupaten Lombok Timur tanggal 22 Juli 1951. Sejak masih muda dia terkenal sebagai sosok pemuda yang berani dan disegani. Sosok Rumaksi tergolong politisi mudah bergaul dan enak diajak bicara, dia tidak pernah membatasi dirinya bergaul dengan siapa pun dari masyarakat biasa sampai orang besar dia temani, sehingga namanya sangat familier bagi semua lapisan masyarakat.
Menurut H.Rumaksi saat ditemui di rumahnya di desa Bagik Papan, Jum’at (13/7), mengatakan, sebelum masuk ke dunia politik, sempat menjadi Kepala Cabang PT.Veneer Product Indonesia untuk wilayah NTB sejak tahun 1972-1978. Di tahun 1993 terpilih menjadi Kepala Desa Bagik Papan mengganti kakak kandungnya yang terlebih dahulu memimpin desa tersebut untuk periode 1993-2001. Di tahun 2001 terpilih kembali menjadi Kades untuk yang kedua kalinya sampai tahun 2006. Di tahun 2009 terpilih menjadi anggota DPRD Provinsi NTB dari Partai Hanura sampai tahun 2014. Di tahun 2014 terpilih kembali menjadi anggota DPRD Provinsi NTB dari Partai Hanura untuk dua periode sampai tahun 2019.
Tanggal 27 Juni 2018 Pilkada serentak terpilih menjadi Wakil Bupati Lombok Timur berpasangan dengan H.Sukiman Azmi, yang disingkat SUKMA (Sukiman-Rumaksi).
“Perjalanan hidup yang saya tempuh, tidak semata-mata ditentukan oleh kemauannya sendiri, bukan pula bagian dari keinginannya, akan tetapi akumulasi dari banyak faktor,”ujarnya.
Lebih lanjut H.Rumaksi menambahkan, ketika H.Sukiman Azmi mengumumkan akan berpasangan dengan Rumaksi, belum ada parpol pengusung.
“Setelah itu barulah dilakukan kompromi yang ideal dengan para petinggi parpol, yaitu sebuah proses penyatuan pendapat yang bermuara pada persetujuan untuk membangun masa depan Lombok Timur berdasarkan gagasan-gagasan ideal jangka panjang,” tutupnya. (pri).

Share this post