SUARA PENDIDIKAN 

Siswa Baru SMPN 1 Praya Laksanakan MPLS

Lombok Tengah SR – Ratusan siswa baru terdapat di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Praya, Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat (Kab. Loteng, Prov. NTB), telah mulai melaksanakan program kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS).
Adapun jumlah total keseluruhan siswa baru terdapat di SMPN 1 Praya yang mengikuti program kegiatan MPLS ketika itu mencapai 352 siswa. Dimana kegiatan MPLS ini sendiri oleh tenaga pendidik di sekolah menggelarnya hingga kurun waktu tiga hari.
Disampaikan langsung di tempat kerjanya, Kepala SMPN 1 Praya, Majri SPd, MPd, Rabu (04/07), dengan menjelaskan, sejumlah kegiatan MPLS yang diberikan kepada ratusan siswa baru yang dipimpin di sekolahnya ini antara lain yakni, pengenalan siswa baru terhadap sejumlah guru pendidik yang ada di sekolah, lingkungan sekolah, ruang belajar, tata cara belajar. “Selain pertama- tama siswa baru harus mengenal gurunya, juga siswa dalam kegiatan MPLS ini kita berikan pelajaran cara beretika yang baik dan bersopan santun. Juga IMTAQ, serta Pendidikan Penguasaan Karakter (PPK),” jelasnya.
Melalui kegiatan MPLS ini sendiri lanjutnya, siswa baru nantinya akan lebih bisa beradaptasi dan bersosialisasi secara baik antar teman – teman sekelasnya maupun teman kelas lainnya juga kakak – kakak kelasnya. Bahkan siswa baru dalam hal ini selain akan bisa lebih mengenal lingkungan sekolah juga akan lebih dekat dengan para guru juga sejumlah karyawan yang ada di sekolah.
Dalam pelaksanaan kegiatan MPLS melibatkan hampir seluruh guru dengan dibantu sejumlah siswa yang merupakan anggota pengurus OSIS. “Siswa anggota pengurus OSIS hanya sebatas berperan membantu guru saja tidak terlibat secara langsung. Ini kita lakukan untuk menghindari hal – hal yang tidak kita inginkan seperti adanya kekerasan atau buling, akan tetapi syukur alhamdulillah setiap tahunnya memang tidak pernah ada kita temukan seperti adanya kekerasan atau buling dilakukan oleh kakak kelas terhadap siswa baru,” ungkapnya.
Ditambahkan Majri, siswa baru dalam kegiatan MPLS juga oleh guru diperkenalkan sejumlah kegiatan ekstrakulikuler di yang terdapat di sekolah. Jumlah kegiatan ekstrakulikuler yang diperkenalkan sebanyak 23 ekstrakulikuler antara lain, kegiatan seni seperti drumband dan musik tradisional serta yang bersifat akademik yaitu, OSN meliputi olimpiade desain nasional diantaranya IPA, Matematika, dan IPS.
Terakhir dituturkan, untuk program unggulan guna meningkatkan mutu pendidikan dan kegiatan belajar mengajar terhadap siswa baru yang ada di sekolah itu dihajatkan oleh pemerintah guna penyamarataan. “Program unggulan itu hajatannya dari pemerintah untuk penyamarataan dan akan diterapkan nanti setelah siswa baru mulai belajar,” pungkasnya. (ang)

Related posts

%d blogger menyukai ini: