Ditjen Perimbangan Keuangan Selenggarakan Desiminasi Dana Desa

Lombok Timur SR – Dalam rangka meningkatkan kapasitas dan memperluas wawasan perangkat desa, Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan Kementerian Keuangan RI mengadakan kegiatan Desiminasi Dana Desa dengan tema “ Padat Karya Tunai Untuk Masyarakat Desa Yang Lebih Sejahtera”. Acara tersebut diselenggarakan di Ballroom Kantor Bupati Lombok Timur, Jumat (25/5).
Pjs. Bupati Lombok Timur, H. Ahsanul Halik, S. Sos, MH dalam sambutannya menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Lombok Timur sesungguhnya telah berusaha melakukan pengelolaan Dana Desa (DD) secara maksimal, akan tetapi dengan adanya diseminasi ini diharapkan dapat semakin menyempurnakan pengelolaan dana desa.
“Sebaiknya penggunaan dana desa diatur dalam satu aturan agar tidak terjadi kesalahan dalam pengelolaan keuangan dan tidak terjadi tumpang tindih,”ungkapnya.
Karena Dana Desa lanjutnya, pada prinsipnya bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan dan pemerataan pembangunan desa melalui peningkatan pelayanan publik di desa, memajukan perekonomian desa, mengatasi kesenjangan pembangunan antar desa serta memperkuat masyarakat desa sebagai subjek dari pembangunan.
“Kepala Desa jangan takut menggunakan dana desa, yang penting riil, jangan sampai ada yang fiktip karena ada konsekuensi hukumnya”, pesan Ahsanul, semabri menambhakan bahwa di Kabupaten Lombok Timur telah membentuk Satgas Keuangan desa yang anggotanya merupakan stakeholder terkait.
Di akhir sambutannya, Ahsanul mengucapkan terimakasih kepada Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan Kementerian Keuangan RI yang telah menggelar Desiminasi Dana Desa guna meningatkan kapasitas dan memperluas wawasan bagi perangkat Desa.
Sementara itu anggota Komisi XI DPR RI, H. Willgo Zainar, SE, MBA dalam sambutannya menyampaikan Dana Desa bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa dan diharapkan tiap tahunnya mengalami peningkatan.
“Salah satu Aspirasi Kepala Desa saat ini adalah agar Kesejahteraan Kades dan staf Desa tetap ditingkatkan seiring dengan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” jelasnya.
Sebelumnya Direktur Pembiayaan dan Transfer Non Dana Perimbangan Ditjen Perimbangan Keuangan Kementerian Keuangan, Ubaidi Socheh Hamidi, selaku Ketua Panitia dalam laporannya menyampaikan bahwa acara ini merupakan sinergi antara Kementerian Keuangan dengan Kementerian Desa, sebagai upaya optimalisasi dana desa dalam mendukung pemberdayaan masyarakat dan perekonomian desa.
“Dengan adanya Desiminasi kali ini diharapkan pengelolaan dana desa, pemanfaatan dana desa mendapatkan solusi atau jalan keluar terbaik,” harapnya.
Dikatakan juga bahwa pelaksanaan Desiminasi Dana Desa saat ini di wilayah Kabupaten Lombok Timur adalah yang ke- 51 di seluruh Indonesia dan berharap kegiatan ini membawa kebaikan untuk masyarakat Lombok Timur.
Tampil sebagai Keynote speech adalah Direktur Jenderal Perimbangan Keuangan Kementerian Keuangan RI, DR. Boediarso Teguh Widodo, ME yang intinya menyampaikan Padat Karya merupakan kegiatan Pemberdayaan Masyarakat Desa khususnya yang miskin dan marginal yang bersifat produktif dengan mengutamakan pemanfaatan sumber daya, tenaga kerja, dan teknologi lokal untuk memberikan tambahan upah, pendapatan, mengurangi kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraaan rakyat.
“Desimanasi adalah Penyebarluasan informasi dalam hal ini terkait dengan dana desa terkait pengelolaannya, baik dari segi perencanaan, penggunaan dan pelaporan,” urainya.
Pada Kesempatan itu Dirjen Perimbangan Keuangan Kementerian Keuangan RI, Anggota Komisi XI DPR RI, Pjs. Bupati Lombok Timur beserta tamu undangan lainnya meninjau Stand Pameran BUMDes yang menampikan produk-produk unggulan desa dan dilanjutkan dengan penyampaian materi dari Kemenkeu, Kemendagri, dan Kemendes PDTT, serta dialog dengan para Kepala Desa yang langsung dipandu oleh Kepala KPPN Selong.
Desiminasi Dana Desa ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman aparatur desa dan sharing keberhasilan dana desa, dengan Nara sumber dari DPR RI, Kementerian Keuangan, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Desa dan PDTT yang dihadiri Forkopimda, OPD terkait, Camat dan Kepala Desa se- Kabupaten Lombok Timur. (vin)

Share this post