Tim Gabungan Lintas Sektor KSB Temukan Barang Kadaluarsa Diperjualbelikan

Tim Gabungan Lintas Sektor KSB Temukan Barang Kadaluarsa Diperjualbelikan

Sumbawa Barat,SR–Tim lintas sektor Kabupaten Sumbawa Barat yang terdiri dari BPOM, Kepolisian, Sat Pol-PP dan Dinas Koperindagkop turun langsung ke lima titik toko modern seperti Alfamart dan Indomaret maupun toko pribadi. Hasilnya ditemukan masih adanya barang konsumsi yang kadaluarsa diperjualbelikan di salah satu toko milik pribadi.
Tim ini menyebar di bagi 3 kelompok dan menyebar di Kecamatan Taliwang, Maluk dan Seteluk. Sementara tim yang ada di kota Taliwang menemukan ada 9 jenis barang kadaluarsa.Tim juga menemukan barang kadaluarsa sebanyak 7 jenis di wilayah Brang Rea.
Kasi Pengawas dan Perlindungan Konsumen Disperindagkop KSB, Muhammad Darajat, menyampaikan bahwa barang-barang yang kadaluarsa yang ditemukan oleh tim yaitu snack undang jumbo, saos tomat, permen, Bumbu Racik Indofood, Magic Lezat 100, Kube, ABC sambal, Kopi Trobika, Kopi Top, Mie Gelas Jumbo, Tora Cafe dan Raja Wali kedelai.
Tim ini melakukan sidak selama dua hari, pada hari pertama tim melakukan sidak makanan takjil untuk berbuka puasa dengan hasil nihil semua bahan takjil aman untuk dikonsumsi. Selanjutnya hari kedua tim melakukan pengecekan barang kadaluarsa dengan hasil ditemukan 16 jenis makanan yang sudah kadaluarsa.
Dia berharap kepada pedagang bahwa mereka harus mempunyai ruang penyimpanan yang steril, jangan satukan barang kopi dengan sabun.
“Barang yang kadaluarsa itu tidak ditarik namun barang itu dimusnahkan sendiri oleh pedagang sebagai pembinaan,” ujar Muhammad Darajat.
Pihaknya menghimbau kepada masyarakat saat membeli barang harus selektif dan kepada penjual harus jujur. (lal)

Share this post