Desa Labuhan Lombok Berhasil Rebut Anugrah Bintang Selaparang

Desa Labuhan Lombok Berhasil Rebut Anugrah Bintang Selaparang

Lomba Desa/Kelurahan Tingkat Kabupaten Lombok Timur telah dilaksanakan. Sejumlah 6 Desa dan 3 Kelurahan berhasil meraih nominasi juara, setelah berjuang menunjukkan potensinya di mata juri Lomba. Sebagaimana hasil liputan awak Suara Rinjani beberapa waktu yang lalu.

Lombok Timur, SR – Dari sejumlah 19 desa dan 3 kelurahan yang mengikuti Lomba Desa/Kelurahan tingkat Kabupaten Lombok Timur (Lotim) tahun 2018 maka, telah ditetapkan pemenangnya. Sebagai juara I diraih Desa Labuhan Lo,mbok Kecamatan Prionggabaya, disusul juara II Desa Kembang Kerang Daya dan juara III DErsa Sembalun Bumbung. Sementara untuk kelurahan sebagai juara 1, Kelurahan Kelayu Utara, 2 Kelurahan Kelayu Selatan dan 3 Kelurahan Suryawangi.
Desa dan Kelurahan peraih juara tersebut berhak mendapatkan hadiah dan Anugerah Bintang Selapaang serta diharapkan bisa menjadi Labsite (Percontohan) bagi desa/kelurahan yang lainnya.
“Mereka telah membuktikan dirinya sebagai yang terbaik sesuai kemampuannya dalam penye-lenggaraan administrasi, penerintahan dan pembangunan (pisik dan pemberdayaan). Mereka dinilai sebagai desa/kelurahan yang cepat berkembang,” kata Sekdis Pem-berdayaan Masyarakat Desa Lotim, Ir. Agus Masrihadi, Jum’at (11/5).
Menurutnya, keberhasilannya sebagai juara tidaklah terlepas dari peran serta aktif masyarakat secara keseluruhan. “Sepintar apapun sebagai pemimpin (Kades) tidak akan bisa maju dan berhasil tanpa dukungan dan partisipasi aktif masyarakatnya,” imbuhnya.
Agus Masrihadi lebih jauh, desa juara tersebut diharapkan terus sebagai desa yang mandiri, maju, demokrasi dan sejahtera. Kata dia, bagi yang belum sebagai juara pun diharapkan untuk terus memberikan pelayanan, pelaksanaan pemerintahan dan pemberdayaan terbaik bagi masyarakat.
“Desa/Kelurahan juara ini mewakili Kabupaten diharapkan sebagai yang terbaik di tingkat Provinsi hingga Nasional (Regional IV). Lebih dari itu, Desa/Kelurahan Juara sebagai media pembinaan bagi desa yang yang lain. Bahkan tidak menutup kemungkinan bagi Desa/Kelurahan luar daerah berkunjung untuk belajar,” terangnya.
Sementara itu, Kades Labuhan Lombok, Hajah Siti Zaenab Masarro, selaku juara 1 Lomba Desa/Keurahan tingkat Kabupaten Lotim tahun 2018 menyatakan kegembiraan dan rasa syukurnya. Kata dia, prestasi yang diraihnya merupakan cambuk untuk terus maju, balajar dan mencari solusi serta terobosan untuk membangun bagi kemauan dan kesejahteraan desa dan masyarakat yang dipimpinnya.
“Mudah-mudahan kami dapat mempertahankan sebagai desa yang berprestasi dengan terus menghadirkan yang terbaik bagi masyarakat dan Desa Labuhan Lombok. Membangun potensi dan sumberdaya yang dikenal sebagai desa nelayan, “ kata Hajah Siti Zaenab Masarro.
Terpisah, Daeng Muzakkir, SE., Kades Kembang Kerang Daya Kecamatan Aikmel menyampaikan terima kasihnya sebagai juara II. Menurutnya, keberhasilan yang diraih dalam Lomba Desa/Kelurahan 2018 ini adalah berkat partisipasi aktif dan kerjasama seuma unsur yang ada dari masyarakat Desa Kembang Kerang Daya.
“Terima kasih dan kami terus bersama masyarakat membangun potensi dan senantiasa berinovasi untuk kemajuan, kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat Desa Kembang Kerang Daya,” ujar Daeng Muzakkir yang alumni Fakultas Ekonomi Universitas Gunung Rinjani ini (rdi).

Share this post