SUARA DESA 

Peningkatan Kapasitas, Mamben Baru Gelar Pelatihan Aparatur Desa

Pemerintahan Desa merupakan unit terdepan dalam pelayanan kepada masyarakat serta tombak strategis untuk keberhasilan semua program, karena itu upaya memperkuat Desa merupakan langkah mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat.
Lombok Timur, SR ; Untuk Kecamatan Wanasaba, Desa Mamben Baru merupakan desa yang pertamakali melaksanakan kegiatan pelatihan untuk meningkatkan kapasitas aparatur pemerintah desa, salut dan bangga dengan respeknya Desa Mamben Baru atas persoalan yang sering terjadi terutama dalam bidang pengelolaan keuangan desa di masing-masing desa, dengan pelatihan yang dilaksanakan pada kesempatan ini, untuk meningkatkan kafasitas dan kemampuan perangkat desa terutama dalam hal kemampuan tata kelola keuangan desa, mudah-mudahan, kita berharap tidak ada lagi persoalan yang terjadi kedepan terkait dengan persoalan keuangan. Demikian dikatakan Nasihun Kasi Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kecamatan Wanasaba pada acara Pelatihan Peningkatan kapasitas aparatur pemerintah desa, Mamben Baru Kecamatan Wanasaba, pada Rabu (9/5) lalu.
Lebih jauh, Nasihun menerangngkan bahwa persoalan pengelolaan keuangan desa seringkali menjadi persoalan serius, kesulitan dalam pertanggung jawaban, kesulitan dalam pemeriksaan pihak berwenang, bahkan ada yang berujung hingga keranah hukum, persoalan administrasi sangat penting untuk dipahami dan dikuasai oleh perangkat desa.
“Biasanya persoalan itu terjadi dari kesalahan administrasi, berawal dari ketidak tahuan dan berawal dari ketidak mampuan kita” jelasnya.
Dalam kesempatan itupula Nasihun menyebut beberapa desa dan kepala desa yang telah melaksanakan kegiatan pembangunan dengan baik namun harus berhadapan dengan pihak aparat penegak hukum. Pelatihan ini, bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dalam hal melaksanakan administrasi terkait kegiatan-kegitan pembangunan yang dilaksanakan oleh Desa.
“Jangan sampai kita berniat baik, jangan sampai program-program yang kita laksanakan dengan tujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat kita justru menjadi bomerang bagi kita, ini yang kita hindari sehingga perlunya pelatihan ini,” jelas Nasihun.
Ditempat yang sama, Bahtiar Rifai selaku Pendamping Desa Pemberdayaan (PDP) Kecamatan Wanasaba, berharap kepada seluruh peserta pelatihan khususnya aparatur desa, dengan terselenggaranya pelatihan tersebut dapat memberi perubahan yang lebih positif dalam menunjang tugas dan fungsi aparatur desa.
“Kami PD dan PLD tentu berharap dengan pelatihan penguatan kapasitas aparatur desa mamben baru ini, dapat memberikan perubahan yang lebih positif dalam menunjang tugas dan fungsi aparatur desa sehingga pemerintah desa dapat melaksanakan pembangunan dengan baik dan lancar serta memperhatikan ketentuan-ketentuan yang berlaku,” pintanya.
Pelatihan peningkatan kapasitas aparatus desa yang dibiayai melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) tahun 2018 Desa Mamben Baru, menghadirkan narasumber dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) kabupaten Lombok Timur sebagai pemateri, selain seluruh aparatur Desa Mamben Baru turut hadir Pendamping Lokal Desa (PLD) dan Pendamping Desa Pemberdayaan (PDP) Kecamatan Wanasaba, pada pelatihan tersebut juga tidak hanya terkait tata kelola keuangan namun peserta juga dibekali dengan Tufoksi, kewenangan dan mekanisme kerja aparatur desa dan lembaga-lembaga desa lainnya. (Adhi)

Related posts

%d blogger menyukai ini: