SUARA PENDIDIKAN 

STMIK Syaikh Zainuddin NW Anjani Gelar Wisuda X

Lombok Timur SR – Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Syaikh Zainuddin NW Anjani Lombok Timur menggelar Rapat Senat Terbuka dalam rangka wisuda ke-10 Sarjana Strata Satu (S.1) Komputer tahun akademik 2020/2021 di Auditorium Majelis Dakwah Hamzanwadi II, kompleks Pontren Syaikh Zainuddin NW Anjani, Sabtu (13/11).

STMIK Syaikh Zainuddin NW pada tahun akademik 2020-2021 berhasil mewisuda 70 orang sarjana, terdiri dari 58 orang program studi Teknik Informatika dan 12 orang dari program studi Sistem Informasi.

Ketua STMIK Syaikh Zainuddin NW TGH. Lalu Gede Muhammad Khairul Fatihin, S.Kom.I, M.M., pada pidato wisuda, mengatakan dengan ilmu pengetahuan dan skill yang didapatkan dari kampus ini para sarjana baru ini dapat berkontribusi secara signifikan dalam kehidupan masyarakat terlebih di era sekarang ini.

“Dimana muncul berbagai inovasi dan perubahan sebagai tanda kemajuan teknologi informasi secara cepat dan radikal. Era ini akan melindas siapa saja yang terlambat beradaptasi. Era ini tidak semata sedang berubah tetapi juga dapat merubah secara mendasar paradigma berfikir dan berkehidupan,”ungkapnya.

Oleh karena itu lanjut Gede Fatihin, panggilan akrabnya, kita harus menjawabnya dengan melahirkan sumber daya manusia yang mampu mengendalikan dan mengelola letupan teknologi informasi yang semakin lama dentumannya semakin dahsyat.

“Alhamdulillah STMIK Syaikh Zainuddin NW memiliki program studi yang sangat relevan dengan kebutuhan dalam menghadapi era 4.0 yang sesungguhnya memicu era disrupsi, dimana jenis pekerjaan bisa berubah setiap saat secara tiba-tiba, banyak jenis pekerjaan lama yang akan hilang dan banyak pula jenis pekerjaan baru yang bermunculan,”ujarnya.

Oleh sebab itu, katanya, STMIK Syaikh Zainuddin NW Anjani berkomitmen sejalan dengan pemerintah dalam hal peningkatan daya saing dan mutu lulusan. Dalam beberapa tahun terakhir ini, STMIK telah mengirim beberapa alumninya yang berprestasi untuk melanjutkan pendidikannya, yang diharap nanti dapat membawa kampus ini menjadi kampus yang unggul dan berdaya saing.

“Atas nama pimpinan, saya mengucapkan terima kasih kepada para orang tua, wali wisudawan yang telah mempercayakan kepada kami untuk mendidik putra-putrinya, semoga ilmu pengetahuan yang mereka dapatkan menjadi ilmu yang barokah, meski sedikit rupaya tetapi besar nilainya dan luas manfaatnya,”pungkasnya.

Ketua Yayasan Pntren Syaikh Zainuddin NW, yang disampaikan Sekeretaris Yayasan, TGKH. L. Gede Muhammad Zainuddin Atsani, dalam sambutannya berpesan kepada alumni untuk mengajak keluarga, kerabat, sahabat untuk kuliah di STMIK Syaikh Zainuddin NW Anjani Lombok Timur,   mengingat STMIK Syaikh Zainuddin NW didirikan oleh Ummuna, putri sekaligus penerima kuasa langsung dari pendiri Nahdlatul Wathan, Hj St Raihanun Zainuddin Abdul Madjid.

“STMIK ini ada karena karomah pendiri NW dan Ummuna yang telah mendirikan Pondok Pesantren Syaikh Zainuddin NW Anjani,”ucapnya.

Maualanasyaikh Hamzanwadi II yang juga Ketum PBNW  ini juga mengucapkan selamat kepada civitas akademik STMIK Syaikh Zainuddin NW yang telah bejuang mengembangkan pendidikan di STMIK,.

“Saya harap kedepan STMIK harus menambah beberapa program studi untuk menjawab tantangan zaman, mengingat jurusan ini adalah jurusan yang sangat dibutuhkan di era saat ini yang semuanya serba IT,” tandasnya.

Lebih lanjut, kata Rektor IAIH NW Lotimi ini berpesan agar niat menimba ilmu harus diperbaiki, dan harus dimulai dari hati. “Kalau saya menyebut kepanjangan dari STMIK adalah Sebuah Tempat Menimba Ilmu Kepada Syaikh Zainuddin di NW, Insya Allah kebarokahan untuk kita,” pungkasnya.

Ditambahkan juga Pembantu Ketua III Bagian Kemahasiswaan, Dedy Efendy usai kegiatan wisuda menyebutkan bahwa hampir 50 % dari seluruh mhsiswa STMIK mendapatkan beasiswa baik itu beasiswa dari Pusat, seperti UKT, Bidik Misi (KIP Kuliah) dan beasiswa-beasiswa lainnya termasuk para mahasiswa yang diwisuda hari ini hampir lebih dari setengahnya dapat beasiswa UKT dari Dikti untuk membantu biaya akhir sebagai akibat, dampak pandemi covid 19.

Lanjutnya, mahasiswa yang dapat beasiswa diharapkan harus tekun mengikuti perkuliahan dan kegiatankemahasiswaan BEM, HMPS dan UKM dan kegiatan-kegiatan yang lain tentunya juga harus terus meningkatkan prestasinya di bidang akademik karena biaya kuliah gratis, tidak memikirkan lagi biaya kuliahnya.

“IPK harus di atas 3. Bagi yang tidak menunjukkan prestasinya tidak menutup kmungkinan untuk kita tidak usulkan untuk mendapatkan beasiswa di tahun berikutnya,”ancmanya.

Turut hadir pada wisada ini, Rois Aam Dewan Mustasar PBNW sekaligus Ketua Yayasan Hj. Sitti Raihanun ZAM. Ketua Umum PBNW, Dosen, Karyawan dan semua pimpinan lembaga di lingkup Pondok Pesantren Syaikh Zainuddin NW Anjani Lombok Timur. (vin)

Related posts

Leave a Comment

Or

%d blogger menyukai ini: