SUARA SUMBAWA 

Diamuk Si Jago Merah, Toko Meubel Blok M Sumbawa Hangus Terbakar

Sumbawa Besar, SR – Salah satu toko Meubel kawasan Blok M jalan Dr Cipto Seketeng Sumbawa Besar terbakar pada Rabu, (10/11/2021) pagi. Kebakaran itu dilaporkan terjadi pada sekitar pukul 05.00 Wita. Kobaran api menghanguskan sejumlah barang Meubel dan elektronik baik di lantai 1 dan lantai 2 Toko Sumber Lancar Makmur milik Donny Alamsyah.

Warga yang berada dilokasi kejadian langsung membantu memadamkan api menggunakan alat seadanya, tak lama kemudian Petugas yang mendapatkan laporan pun bergegas menerjunkan sejumlah 6 unit mobil Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Sumbawa dan 2 Unit Mobil Water Cannon milik Polres Sumbawa & Brimob Sumbawa tiba dilokasi kejadian.

Kemudian langsung berjibaku memadamkan api, Personil Polsek Sumbawa yang ada dilokasi kejadian juga langsung membantu melakukan pemadaman dan pengamanan di TKP. Kobaran api merambat ke lantai II bangunan ruko dan berhasil dipadamkan sekitar pukul 10.15 WITA.

Peristiwa tersebut pun mengundang perhatian serius dari Bupati Sumbawa  Drs H. Mahmud Abdulah, Wakil Bupati Sumbawa, Dewi Noviani, M.Pd dengan mendatangi lokasi kebakaran.

Kapolres Sumbawa AKBP Esty Setyo Nugroho, SIK melalui Kasi Humas AKP Sumardi,  mengatakan hingga beberapa saat usai kejadian pihaknya belum menerima laporan adanya korban jiwa. “Kejadian ini dalam penyelidikan lebih lanjut pihak kepolisian untuk mengetahui penyebab pasti kebakaran,” singkatnya.

Sementara kerugian yang diperkirakan mencapai 2 Milyar Rupiah dan 2 orang anggota Dinas pemadam Kebakaran Kabupaten Sumbawa mengalami luka ringan pada saat melakukan pemadaman api.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Sumbawa Abdul Haris mengatakan, posisi bangunan ruko membuat sejumlah petugas kesulitan dalam memadamkan api. Pasalnya tidak adanya akses menuju lantai yang di atas sehingga proses pemadamannya sedikit lamban.

Haris menambahkan, dalam rangka proses pamadaman api sehingga tidak meluas ke bangunan yang ada di samping kiri, kanan dan bangunan lainnya.

Ia juga menyampaikan terimakasih kepada seluruh lapisan masyarakat yang turut terlibat membantu proses pemadaman kebakaran ini. “Atas nama pimpinan dinas pemadam kebakaran sumbawa, saya menyampaikan terimaksih dan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada TNI dan Polri yang telah menyuplai air ke lokasi terjadinya kebakaran sehingga api mudah dipadamkan dan tidak menjalar ke mana-mana,” ujar Haris kepada Suara Rinjani.

“Terkait dengan celana, baju api dan lain sebagainya itu menjadi hal yang sangat saya harapkan kepada pimpinan selaku pemangku kebijakan, karena bagaimanapun semampu kami bergerak jika tidak dilengkapi dengan fasilitas yang cukup aman maka kami akan lebih percaya diri dalam setiap penanganan musibah bencana,” sambungnya.

Diakuinya, kalau kita berbicara dari 24 kecamatan di Sumbawa ini, secara rasional terkait respon tim yang ditetapkan di dalam PP nomor 114, 2018 kalau tidak salah. Respon tim itu, kalau tidak salah, begitu petugas menerima telepon, sebenarnya 15 menit paling lama sudah harus mencapai lokasi, tapi kalau tidak ada kemampuan keuangan daerah dan fasilitas yang diadakan oleh pemerintah terbatas maka masih banyak kejadian yang belum mampu kami lakukan sesuai dengan standar pelayanan minimalnya.

“Sehingga ke depan, kami berharap kepada Pemerintah Daerah, DPRD Kabupaten Sumbawa dan seluruh pengambil kebijakan agar sarana dan prasarana terkait dengan pelayanan dasar yang telah ditatapkan oleh undang-undang agar dipenuhi secara bertahap, apakah dengan penambahan armada dan bisa memberikan pelayanan mendekati standar pelayanan minimal yang di dalam aturan tersebut,” pungkas Haris. (sal/bgs)

Related posts

Leave a Comment

Or

%d blogger menyukai ini: