Loteng Berkomitmen Jadi Kubupaten Layak Anak

LOMBOK TENGAH SR-  Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah (Loteng), berkomitmen  menjadi Kabupaten Layak Anak (KLA). Hal tersebut dibuktikan dengan dilakukannya deklarasikan. Sebelumnya, Pemkab Loteng sudah mendeklarasikan diri sebagai KLA. Kegiatan yang berlangsung di Alun-Alun Tastura ini dihadiri oleh Plt Bupati Lombok Tengah Lalu Pathul Bahri, Plt Ketua TP PKK Lombok Tengah, Kepala SKPM, Camat dan Kepala Desa se Loteng.

Dalam sambutannya Plt.  Bupati Loteng, L Pathul Bahri mengatakan, memberikan pelayanan yang terbaik kepada anak, itu adalah tanggung jawab pemerintah dan semua pihak. Oleh karena itu melalui deklarasi ini, pihaknya atas nama pemerintah Loteng, memberikan penghargaan bagi siapapun yang telah ikut serta terlibat dalam memberikan pelayanan bagi anak. “Atas nama Suhaili Pathul, memberikan penghargaan kepada siapapun yang telah membantu, terhadap suksesnya Loteng sebagai kabupaten layak anak,” katanya.

Deklarasi ini lanjutnya, itu sebagai wujud nyata kalau selama ini peran pemerintah kecamatan, desa dan semua komponen, guna mewujudkan anak sebagai generasi penerus bangsa yang bisa dijaga dan dilayani dengan baik.

“Keberadaan meraka sekarang, akan menjadi asset agama dan bangsa di masa mendatang, oleh karena itu sebuah kewajiban bagi kita untuk menjaganya,” ungkapnya.

Oleh karena itu, pihaknya berharap komitmen ini mampu dipegang teguh.  Sehingga tidak hanya sebagai seremonial tapi juga pencapaian untuk memenuhi hak hak anak.

Sementara, Lurah Leneng Isnaini dalam Deklarasi Layak Anak mengatakan, setidaknya ada 24 indikator yang harus dipenuhi. Sebelum suatu daerah bisa dikatakan sebagai layak anak. untuk menjadi daerah yang layak anak. Seperti, lingkungan yang nyaman dan aman bagi anak, pemenuhan hak anak, dan lainnya.  (AP/Adv)

Share this post