SUARA PENDIDIKAN 

UKS SMK NW Anjani Gelar Sosialisasi Kesehatan Reproduksi Remaja

Lombok Timur SR – Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) SMK NW Anjani menggelar kegiatan Sosialisasi tentang Kesehatan Reproduksi Remaja dan  bahaya penyalahgunaan NAPZA (Narkotika, Psikotropika, dan Zat Aditif) di Aula TK Syaikh Zainuddin NW Anjani, Rabu (13/10). UKS SMK NW Anjani menggandeng Dinas Kesehatan Lombok Timur (Puskesmas Suralaga) dan BNN Kabupaten Lombok Timur.

Kegiatan sosialisasi ini merupakan langkah penting untuk para siswa/i yang sudah menginjak usia tingkatan remaja. Mengingat seusia mereka rentan terlibat dalam banyak kasus tentang penyalahgunaan Napza. Dan yang mengawatirkan lebih-lebih dari jenis golongan narkotika yang banyak kita temui di pergaulan kalangan remaja saat ini.

Demikian diungkapkan Pembina UKS SMK NW Anjani,  M. Khairul Hadi, M.Pd. saat pembukaan kegiatan sosialisasi. Menurutnya, minimnya pengetahuan siswa mengenai NAPZA dan kurangnya pengawasan terhadap pergaulan anak baik dari orang tua maupun guru, menimbulkan remaja saat ini mudah terpengaruh oleh hal-hal negatif seperti penyalahgunaan narkoba dan sejenisnya.

“Dengan kegiatan ini kita harapkan siswa bisa faham betapa besar bahaya narkotika bagi kehidupan, khsususnya generasi muda yang menjadi harapan agama dan bangsa,”ungkapnya.

Kepala SMK NW Anjani, Dedy Efendy, S.Ag., SH., dalam sambutannya menyampaikan bahwa saat ini SMK NW Anjani selain aktif melaksanakan kegiatan akademik, juga aktif dalam kegiatan-kegiatan ekstrakurikuler yang salah satunya adalah Usaha Kesehatan Sekolah (UKS).

Sosialisasi program dilaksanakan sebagai antisipasi terhadap masalah remaja yang kondisinya sangat kritis dan rentan dengan tantangan diantaranya: kawin diusia muda, Napza, merokok, pornografi, tawuran dan bahkan seks bebas sehingga harus dibentengi dengan Imtaq.

“Pelaksanaan sosialisasi ini merupakan momentum strategis di tengah maraknya persoalan yang dihadapi masyarakat khusus remaja,” bebernya.

Dikatakan Dedy, kegiatan ini sangat berguna bagi semua siswa siswi terlebih di era global saat ini. Ia pun mengingatkan kepada siswanya agar bisa mengenal sejak dini bagaimana bahaya narkoba dan Kesehatan Reproduksi Remaja. “Sekali lagi, kami ingatkan kepada siswa-siswi pentingnya hidup sehat,” ujarnya.

Lanjutnya, melalui sosialisasi ini bagi siswa SMK NW Anjani lebih untuk meningkatkan pemahaman, pengetahuan, serta sikap dan perilaku positif remaja tentang kesehatan dan hak-hak reproduksi. Semoga kegiatan ini bisa meningkatkan derajat kesehatan reproduksinya dan menyiapkan kehidupan berkeluarga,”pungkasnya.

Kegiatan sosialisasi dilaksanakan satu hari disamping memberikan penyuluhan, para pemateri juga mengingatkan pentingnya hidup sehat kepada siswa SMK NW Anjani. Pihak Puskemas Suralaga memberikan materi kesehatan reproduksi remaja, sedangkan dari pihak BNN Lombok Timur menyampaikan bahaya penyalahgunaan Napza dan narkoba menggunakan infokus dengan penayangan-penayangan gambar yang berkenaan dengan materi tersebut.

Kegiatan sosialisasi ini juga dihadiri para wakil kepala sekolah, guru, staf dan perwakilan OSIS/OSIM lembaga pendidikan se Ponpes Syaikh Zainuddin NW Anjani.(vin)

Related posts

Leave a Comment

Or

%d blogger menyukai ini: