SUARA LOTIM 

Mangemen RSUD Raden Soejono Terus Tingkatkan Pelayanan Kepada Masyarakat

Lombok Timur, SR – Dalam meningkatkan kwalitas rumah sakit perlu adanya peninjauan kinerja melalui uji kelayakan tim penanganan kesehatan yang melibatkan sarana dan prasarana termasuk tenaga ahli. Plt. Direktur RSUD Soejoni Selong dr. Tantowi Jauhari, Sp. B saat di kunjungi Suara Rinjani, Kamis (23/09/2021), memaparkan terkait mengenai visi dan misi, fasilitas serta memperkenalkan bangunan baru yang di sebut PSC atau (Public Safety Center) Selong.

Menurutnya, RSUD Selong menjadi nomor satu diantara ketiga Rumah Sakit tipe B terbaik  dinilai komitmennya dalam pelayanan JKNKIS tahun 2021.

“Jadi, rumah sakit kita menjadi tipe B sejak 26 Agustus 2020 dan sekarang telah berjalan satu tahun dan kita berupaya mengejar berbagai inovasi Layanan atau membuka Layanan baru sehingga, kita cocok menyandang Rumah Sakit tipe B, “Jelas Tantowi “.

Sambungnya, visi kita yaitu untuk memberikan layanan secara profesional serta menjadi RS yang bermutu melayani masyarakat dan menjadi Rujukan Regional di wilayah NTB dari segi posisi atau lokasi Geografis memang sangat cocok dengan lokasi yang strategis di Lombok Timur ini.

Lombok Timur adalah kabupaten dengan jumlah penduduk terpadat di NTB sekitar 1,3 juta jiwa hampir dari seperempat NTB. Memang menjadi pangsa pasar yang besar untuk pelayanan masyarakat di NTB untuk berinovasi kita harus melengkapi Sumbar Daya Manusia (SDM) khususnya dokter spesialis. Kita lengkapi dokter sub spesialis dan spesialis konsultan.

“Jadi, kita sudah memiliki Konsultan Fetomaternal dan Konsultan Hematologi. Satu-satunya di NTB. Konsultan Patologi klinik, juga harus bisa membentuk layanan unggulan yang kedepannya kita ingin kembangkan adalah layanan Geryatri atau lansia ini adalah layanan nasional di bidang kesehatan demi memperioritaskan pasien lansia atau manula sehingga dalam pelayanan mereka lebih komprehensif kalau lansia ini bukan satu masalahnya tetapi banyak seperti penyakit komplikasi dan kejiwaannya, syaraf termasuk fungsi organ tubuh soalnya ini membutuhkan pelayanan dari tim terpadu untuk Penanganan lansia soalnya kita ingin Kembangkan kedepannya ,”tegas Tantowi.

Kemudian lanjut Tantowi, untuk peningkatan sarana prasarana rumah sakit kita memiliki 337 tempat tidur ini dalam rangka pengembangan dan layanan untuk gawat darurat kita sekarang sedang membangun gedung UGD kemudian Laboratorium, Radiologi, Kamar Bersalin, Kamar Operasi Emergency, ICU,NICU, dan Nipas. Hal demikian berfungsi untuk peningkatan dalam upgrade demi memfasilitasi sarana dan Prasarana dan untuk inovasi yang lain tentu tidak lepas dari sistem management yang baik.

“Jadi kita di tunjang oleh management rumah sakit. Banyak inovasi dari teman-teman dari Tim IT rumah sakit merupakan salah satu bahan pertimbangan dari Tim Penilai yang menunjuk Rumah Sakit Soedjono Selong sebagai Rumah Sakit terbaik. Sekarang ini kami memiliki layanan baru yaitu Publik Safety Center (PSC) 119 berfungsi sebagai layanan call emergency 24 jam dan ini terhubung ke semua fasilitas kesehatan tingkat satu di kabupaten Lombok Timur, ” ungkap Tantowi.

Kata Tantowi,  kita juga menjadi jejaring Propence Komencenter di rumah sakit provinsi, selain bisa terhubung dengan puskesmas ini juga bisa terunduh di aplikasi Call Emergency ini di Aplikasi Playstore PSC 119, sehingga masyarakat bisa mengetahui atau melakukan panggilan PSC 119. Kita akan merespon di sini karna kita memiliki Tim PSC terdiri dari doktor, perawat, bidan yang siap untuk menerima panggilan emergency disana akan muncul lokasi dari yang minta tolong selama masih ada WiFi, kita bisa shareloc dan mengirim poto pasien yang diminta tolong atau yang dikirim dari sini sehingga nanti kita akan melakukan dispecer   untuk melakukan penugasan kita juga bisa menghubungi rumah sakit untuk melakukan evakuasi dari korban kalo memang tidak bisa dihubungi tim ambulance siap untuk melaksanakan tugas dengan baik dan semua ambulance.

“Kami bertahap untuk kami pasangkan GPS ambulance di puskesmas sehingga ketika melakukan perjalanan kami bisa memantau perjalanan ambulance tersebut. Sehingga kita tidak ada kendala dengan mempersiapkan tim Mobile,” jelasnya.

Kemudian untuk mutu kami bisa menjaga pelayanan komite mutu untuk keselamatan pasien yang menjaga agar mutu dalam pelayanan tetap dalam kondisi yang baik, standar sesuai dengan SPO nya.

Biasanya hari Jumat kita turun ke unit ke Instalasi untuk mengecek apakah mutu itu di jalankan dengan baik sehingga standar mutu – mutu itu bisa dijaga dengan baik. Ini berbagai macam instrumen karena rumah sakit ini luas, padat SDM nya serta persoalan nya sehingga, banyak instrumen yang terlibat melakukan kontrol berupa pengawasan agar pelayanan itu bisa berjalan dengan sebaik-baiknya,”urainya.

Kemudian dalam menunjang sarana dan prasarana kami disini memiliki tenaga kerja atau karyawan kita sebanyak 1.250 tenaga. Mereka bekerja terbagi dalam instalasi berbagai unit di rumah sakit mereka dinilai dari indikator kerja nya jadi kepala instalasi mengontrol dan menilai kinerja pegawai kami mereka harus memiliki indikator yang harus di nilai bawahannya dan indikator kerja individu.

Inovasi lainnya dari tim management rumah sakit PSC kita juga mengembangkan aplikasi RSUD Selong Mobile yang berjalan cukup  lama disini kita bisa melihat berbagai layanan dari rumah sakit tarifnya berapa dan sudah bisa melakukan pendaftaran secara online untuk mempermudah masyarakat  sehingga tidak terjadi antrean di loket karena setelah mendaftar mereka mendapatkan nomor. “Jadi mereka tinggal kerumah sakit membawa nomor antrian keloket yang sudah online dan memferivikasi di sana sehingga bisa masuk Poliklinik yang diinginkan itu termasuk inovasi dari kita, “tutur Tantowi.

Kita juga telah membangun pengelolaan untuk sistem instalasi farmasi Rully Warming System’ di farmasi obat-obatan ini kita teregister semua berapa jumlahnya sehingga kita bisa mengetahui dan mengembangkan Rully Warming System’.

“Ketika jumlah obat ini mencapai dalam jumlah yang menipis maka, alat alarm nya akan berbunyi sehingga kita harus melakukan order obat. Jadi ada peringatan ketika stok obat habis. Harapan kami kedepannya semoga dengan kerja tim kami mampu bekerja secara profesional sesuai dengan kebutuhan masyarakat luas sehingga dengan terus menggunakan jasa PSC online untuk mempermudah dan mempercepat proses melayani masyarakat dengan sepenuh hati,” tutupnya.(Put).

Related posts

Leave a Comment

Or

%d blogger menyukai ini: