SUARA SUMBAWA 

Kinerja Optimal, Cabang ESDM Pulau Sumbawa Berharap Tambahan Inspektur Tambang

Sumbawa Besar, SR – Demi kinerja yang optimal, semua pekerjaan harus disertai dengan adanya pengawasan yang ketat. Tak terkecuali dengan pengerjaan pertambangan, demi terciptanya sistem penambangan yang baik dan benar tentunya dibutuhkan kehadiran inspektur tambang. Secara umum tugas fungsional inspektur tambang antara lain melakukan pengawasan terhadap ijin pertambangan baik itu Galian C atau batuan maupun logam,  yang dilakukan oleh perorangan maupun perusahaan, mulai dari produksi atau cara pengerjaannya hingga pemasarannya.

Pulau Sumbawa dinilai marak terjadinya penambangan atau biasa disebut Galian C atau batuan, kurang lebih hanya sekitar 100 aktivitas yang mengantongi ijin dalam kegiatan tersebut.

Kepala Cabang Dinas ESDM Pulau Sumbawa, Iwan Setiawan, saat dikonfirmasi Suara Rinajni, pada Rabu (14/7) menyebutkan, di Kabupaten Sumbawa sekitar ada 40 ijin Galian C, dan sisanya tersebar di Kabupaten Dompu, Bima dsb. Sedangkan untuk pertambangan emas sekitar ada 4, di Topang, Lantung, Marongge dan Pasir Besi.”

“Dengan banyaknya aktivitas pertambangan dinilai perlu juga adanya pengawasan yang rutin dan ketat, disinilah peranan penting adanya Kementrian ESDM melalui inspektur tambang,”katanya.

Iwan juga menjelaskan, tidak hanya mengawasi, inspektur tambang juga memberikan pengarahan dan pembinaan kepada masyarakat sehingga terciptanya sistem penambangan yang baik dan benar atau bisa disebut Good Maining Practic.

Katanya, tidak dipungkiri dengan tanggung jawab yang besar, serta tuntutan kinerja yang optimal UPT Cabang Dinas membutuhkan tambahan Sumber Daya Manusia atau penambahan staf.

“Sedangkan kami disini hanya berlima, dan tugas kita mengurus seluruh wilayah Kepulauan Sumbawa,” keluhnya.

Kami berharap khusus untuk pertambangan ada inspektur tambang yang bisa ditempatkan di UPT cabang dinas, salah satu cara misalnya Bupati bisa bersurat ke Provinsi dahulu baru nanti ke Kementrian ESDM. “Tujuannya adalah demi terwujudnya kinerja yang lebih optimal,”pungkasnya. (sal/bgs)

Related posts

%d blogger menyukai ini: