SUARA KLU 

Wabup KLU Sanggup Gandeng Perhatani NW Guna Cetak Petani Milenial

Lombok Utara, SR – Wabup Lombok Utara, Danny Karter mengaku sektor pertanian di Lombok Utara belum disentuh dan digarap sepenuhnya. Untuk itu, dalam hal ini Pemda Lombok Utara membutuhkan sentuhan-sentuhan dari semua stakeholder terkait guna bersama memecahkan masalah dan mencipatakan inovasi-inovasi baru pada sektor pertanian. Salah satunya dengan DPP Persatuan Tani (Perhatani) NW.
“Kami menyambut baik silaturahmi dari DPP Perhatani NW dan rencana program dari mereka,” ujar Danny saat menerima kedatangan rombongan dari DPP Perhatani NW, di ruang kerjanya, Kamis (01/07).
Dalam penjelasannya, ada banyak persoalan yang dihadapi pemda KLU dalam memajukkan sektor pertanian. Diantaranya yang menurutnya paling krusial adalah pendataan. Selama ini, pendataan dianggap hal yang remeh temeh.
“Padahal dari pendataan kita bisa tahu kondisi, kemudian analisa, lantas dilakukan penelitian, mengambil kesimpulan dan bagaimana merancang program. Ini bukan hanya untuk sektor pertanian saja, tapi untuk semua lini,” ujar putra dari salah satu komite pembentukan kabupaten Lombok Utara ini.
Selain itu, ia juga menyayangkan belum adanya pola yang tepat bagi petani dalam mengelola hasil panen mereka. Yang ia lihat selama ini, petani merangkap pada semua kerjaan. Mereka sebagai, penggarap, marketing, dan sebagainya. Seharusnya masing-masing lini itu ada yang mengurusnya agar petani bisa fokus.
Lebih jauh, ia sudah berbicara dengan Kadis Pertanian dan Perkebunan KLU bagaimana mencetak para petani milenial. Ini mimpinya guna membuka peluang-peluang kerja baru di sektor pertanian. Padahal, selain sektor pariwisata, KLU juga dikenal dengan daerah yang cukup bagus dari sektor pertanian dan perkebunan.
Sementara itu, ketua DPP Perhatani NW, Adi Kusmawan S.Si menyampaikan Perhatani NW siap mendampingi petani-petani KLU guna bersama mengembangkan sektor pertanian.
“Kami sudah ada ahli pertanian, yang sudah memilik beberapa paten dalam bidang pertanian,” ujar Adi.
Kedepan, Perhatani juga akan membentuk DPC Perhatani NW KLU, agar bisa berkoordinasi dan bekerjasama dengan pemda setempat dengan lebih baik. (zett)

Related posts

%d blogger menyukai ini: