TOP NEWS 

Rayakan Hadi ke – 55, HIMMAH NW Transformasi Juang untuk Indonesia Maju

Lombok Timur SR – Himpunan Mahasiswa Nahdlatul Wathan (HIMMAH NW) menggelar Hari Jadi (Hadi) ke 55 di Pondok Pesantren Sayaikh Zainuddin Nahdlatul Wathan Anjani, Lombok Timur, Sabtu (05/06).

Ketua Panitia Pelaksana, Zamroni, M.Pd mengatakan Himmah NW didirikan Pendiri Organisasi NW yang juga Pahlawan Nasional asal NTB, Maulanasyaikh TGKH. M. Zainuddin Abdul Madjid pada 5 Juni tahun 1966 sebagai Badan Otonom Organisasi NW. “Pada Hadi ke 55 ini kita mengangkat tema ” Reaktualisasi Sinergitas HIMMAH NW Yang Maju, Berkarakter dan Berdedikasi Untuk Negeri,” katanya.

Kegiatan perayaan Hadi HIMMAH NW tahun ini, kata Zamroni, berbeda dengan perayaan tahun-tahun sebelumnya, mengingat saat ini masih dalam Masa Pandemi Covid-19.

“Kegiatan tatap muka kita kurangi dan yang di luar daerah bisa mengikuti melalui online yang disirakan melalui channel youtube NWOnline, tetapi tidak mengurangi hidmat dari kegiatan Hadi HIMMAH NW kita ini,”ucapnya.

Ketua Umum Pimpinan Pusat HIMMAH NW, M. Alwi Farhanuddin, dalam sambutannya menyampaikan, dalam kurun waktu hingga berusia setengah abad lebih, HIMMAH NW sebagai badan otonom organisasi NW dan organisasi kemahasiswaan telah mampu menunjukkan eksistensinya sebagai organisasi yang terdepan dalam mengawal setiap peristiwa sosial keummatan.

“Eksistensi dan kontinuitas dari HIMMAH NW yang Alhamdulillah saat ini berusia 55 tahun dalam rentang sejarah dan realitas bahwa HIMMAH NW selalu ada di garis terdepan, dalam setiap pengawalan kebijakan, agenda, gerakan, bahkan problematika yang terjadi di tubuh NW dari waktu ke waktu. Kami bersyukur hari ini Nahdlatul Wathan kian stabil dan mampu memaksimalkan perjuangan untuk publik,” kata Farhan.

Lebih lanjut Farhan mengingatkan kepada seluruh kader Himmah NW untuk mampu berdiri secara mandiri dalam segala hal yang merujuk pada perjuangan dalam memajukan agama, negara dan bangsa.

“Banyak Hal yang sudah diberikan HIMMAH NW kepada kita semua selaku kader, karenanya kita harus mampu untuk mandiri dengan tidak tergantung kepada siapapun, harus mampu mengupgrade diri sendiri baik secara intelektual, baik dalam hal pola kaderisasi, pola gerakan tentunya tetap dalam bingkai samikna wa athokna, yakin ikhlas istiqomah, Transformasi Juang Untuk Indonesia Maju,”imbuhnya.

Sementara itu, Wakil Bupati KLU, Dani Carter Pebrianto Ridawan, dalam yang juga memberikan sambutan menyampaikan ucapan selamat dan sukses untuk Hari Jadi HIMMAH NW yang ke 55 sembari berharap kader-kader muda NW khususnya HIMMAH NW mampu mejadi jembatan keharmonisan masyarakat dan pemerintah.

“Semoga HIMMAH NW tetap eksis memberikan sumbangsih, energi positif kepada kemajuan bangsa dan negara. HIMMAH NW harus menjadi jembatan antara pemerintah dengan masyarakat sehingga terciptanya kesejahteraan sosial yang adil dan merata,” harap Dani.

Sekertaris Daerah Provinsi NTB, Lalu Gita Aryadi, Gita dalam sambutannya mengatakan mahasiswa harus tetap bersemangat dalam memberikan kontrol terhadap lembaga pemerintah baik eksekutif maupun legislatif.

“Momentum hari jadi ini harus dijadikan momen untuk melakukan evaluasi perjalanan HIMMAH NW. Momentum melakukan refleksi dan antisipasi langkah-langkah kedepan, agar eksistensi HIMMAH NW tetap berkontribusi bagi pembangunan khususnya di NTB kita ini,” kata Gita.

Gita juga berharap HIMMAH NW untuk tetap berkontribusi mengawal pemerintah dalam mewujudkan harapan dan cita-cita untuk NTB yang Gemilang.

“Kontribusi HIMMAH NW sangat diharapkan dalam mewujudkan misi pemprov NTB, terlebih setelah kita diterpa berbagai musibah, mulai dari gempa dan covid 19 yang tentunya sangat berdampak ke semua sisi,” pungkasnya.

Ketua Umum PBNW yang diwakili Sekertaris Jenderal PBNW, Prof. Dr. Fahrurrazi Dahlan, daalam arahannya menyampaikan, HIMMAH NW harus tetap menjadi Badan Otonom yang tetap gigih dalam memperjuangkan cita-cita organisasi NW seperti yang telah ditulis dalam Wasiat Renungan Masa Karya Almaghfurulah Maulanasyaikh TGKH. M. Zainuddin Abdul Madjid.

“Hari jadi adalah momentum refleksi HIMMAH NW untuk tetap menjadi garda terdepan dalam menyongsong era kegemilangan, era keemasan organisasi seperti yang termaktub dalam Wasiat Renungan Masa karya monumental guru besar kita Almaghfurulah Maulanasyaikh,” katanya.

Selanjutnya, kata Sekjend PBNW, tiga elemen universal yang harus diambil oleh HIMMAH NW sebagaimana yang tercantum dalam doa Ishlahul Ummah yang menjadi salah satu ciri khas Nahdlatul Wathan.

HIMMAH NW harus menjadi garda terdepan dalam menjadi mushlih dalam meneriakan kebenaran, selanjutnya harus menjadi mumfarrij, harus hadir di depan dalam memberikan solusi dalam permaslahan keummatan berbangsa dan bernegara.

” HIMMAH NW harus kompak utuh bersatu, sehingga menjadi gerbong kekuatan besar dalam memajukan organisasi, perpaduan antara intelektualitas dan spiritualitas harus di kedepankan,” tandas Guru Besar UIN Mataram ini.

Perayaan Hadi HIMMAH NW ke 55 tahun ini juga dihadiri Direktur Intelkam Polda NTB,  Kapolres Lombok Timur, dan sejumlah tamu undangan, alumni HIMMAH NW (IKAMAH NW), senior HIMMAH  NW dan kader.  Acara berjalan lancar denagn menggunakan protokol kesehatan Covid-19. (vin)

Related posts

%d blogger menyukai ini: