SUARA PENDIDIKAN 

Abdul Hasan, Kader Himmah NW Lulus Magang Di Jepang

Mataram SR – Abdul Hasan Ashari,  kader Himpunan Mahasiswa Nahdlatul Wathan (HIMMAH NW) Komisariat Unram,  semester 6 Prodi Aroekoteknologi Fakultas Pertanian Unram, asal Desa Pengadangan Barat Kecamatan Pringgasela Lombok Timur adalah salah satu dari 20 orang mahasiswa Fakultas Pertanian Unram yang akan berangkat mengikuti program magang ke Jepang melalui Program Intership JA Okinawa Jepang.

Program Intership JA Okinawa Jepang, merupakan program kerjasama yang dilakukan oleh Fakultas Pertanian Unram yang bekerjasama dengan perusahaan Sawayaka Fujiindo Indonesia untuk mengikuti kegiatan internship atau magang di Japan Agriculture Okinawa. Demikian diungkapkan Abdul Hasan saat dikonfirmasi via telepon seluler, Kamis (20/05).
“Program internship yang saya ikuti ini merupakan gelombang ke 2 setelah penerima gelombang satu berangkat ke Bali untuk mengikuti pembekalan sebelum berangkat ke Jepang” ucapnya.

Dikatakan Hasan, bahwa dirinya bersama 19 orang temannya dinyatakan lulus dan akan melaksanakan program magang ke Jepang setelah melalui verifikasi berkas administrasi dan tes wawancara
“Awalnya jumlah yang ikut seleksi Sebanyak 52 orang mahasiswa Fakultas Pertanian Unram, dan dinyatakan sebanyak 20 orang yang akan berangkat” tuturnya.

Lebih lanjut, aktivis Himmah NW Komisariat Unram ini menjelaskan pendaftaran dan pengumpulan berkas dimulai pada tanggal 13 April 2021, setelah itu seleksi wawancara dilakukan pada Rabu 28April 2021. Seleksi wawancara dilakukan di aula ruang sidang Fakultas Pertanian Unram secara virtual melalui aplikasi zoom yang diwawancarai langsung oleh orang Jepang dan Direktur Sawayaka Fujiindo Indonesia.

Dalam Program Intership JA Okinawa Jepang ini, mahasiswa yang lolos seleksi terlebih dahulu akan diberangkatkan ke Bali untuk pembekalan bahasa Jepang selama 3 bulan. “Setelah itu akan diberangkatkan ke Jepang untuk mengikuti program yang ada selama 9 bulan,”jelasnya.

Kegiatan yang dilaksanakan pada program ini adalah kegiatan pelatihan, pembelajaran dan penelitian tentang item item sebagaimana persiapan tanah, manajemen proses, pembibitan, penanaman, panen, pencegahan hama, pemerosesan hasil pertanian, pengecekan kualitas produksi dan penjualan. “Mohon do’anya semoga berjalan lancar dan dimudahkan oleh Yang Maha Kuasa” pungkasnya. (vin)

Related posts

%d blogger menyukai ini: