Bupati Hadiri Panen Perdana Udang Vanamei

Lombok Utara SR – Bupati Lombok Utara Dr H Najmul Akhyar SH MH melakukan panen perdana Udang Vanamei milik tambak pendampingan PT Central Protemaprima Tbk di Desa Mumbul Sari Kecamatan Bayan Kamis(5/4) lalu.
Hadir juga bersama bupati, anggota DPD RI perwakilan NTB Hj Baiq Diah Ratu Ganevi SH, anggota komisi III DPRD KLU Artadi SSos, parakepala OPD.
Ditemui saat acara panen perdana Udang Vanamei, Sekretaris Dinas Perhubungan Kelautan dan Perikanan Samsul Rizal SPi mengatakan bahwa budidaya udang kolam terpal ini merupakan inovasi terbaru, dan dinilai berhasil sehingga dikunjungi empat kabupaten untuk belajar mengenai budidaya udang.
“Kami akan melatih 70 orang nelayan yang akan mengolah budidaya Udang Vanamei ini. Sekarang baru ada 5 kelompok yang dibantu Pemda KLU, 10 kelompok aspirasi DPRD KLU, dan 20 kelompok DPD RI. Semoga kedepan, terbentuk kampung udang, mengingat budidaya udang kolam terpal ini, ikon KLU dan Provinsi NTB,” katanya.
Sementara itu mewakili DPRD KLU yang hadir saat itu Artadi SSos, menghimbau agar kita membeli udang yang ada di KLU, pihaknya mendukung Pemda, kalau itu untuk peningkatan pendapatan perkapita masyarakat.
“Masyarakat KLU harus memberi semua produk yang ada di KLU termasuk udang,”katanya.
Bupati Lombok Utara Dr H Najmul Akhyar SH MH pada kesempatan itu mengatakan budidaya Udang Vanamei kolam terpal mampu memenuhi kebutuhan pasar yang ada, di tiga gili yang membutuhkan udang 2,5 ton perminggu, belum lagi pasar tradisional kita.
“Diharapkan masyarakat untuk membentuk kelompok swadaya bagi paranelayan yang nantinya dapat mengembangkan perikanan di KLU untuk pemberdayaan ekonomi masyarakat,”kata Najmul.
Terkait hal itu Hj Aryani Rahmawati SPi MPi mengajak masyarakat untuk mengoptimalkan daerah pesisir dengan budidaya rumah tangga, disamping modalnya ringan dan hasilnya tidak beda jauh dengan kolam besar.
“Panen Udang Vanamei merupakan kerjasama antara pengusaha, pemerintah dan kelompok nelayan yang bisa bersinergi meningkatkan pendapatan dan pertumbuhan ekonomi masyarakat secara nyata,”katanya. (ndk).

Share this post