SUARA LOTENG 

Pembayaran THR ASN Loteng Masih Tanda Tanya

Lombok Tengah, SR – Hingga saat ini terkait pembayaran Tunjangan Hari Raya (THR) Idul Fitri 1442 Hijriyah bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) belum jelas.
Dengan belum adanya kejelasan pembayaran tersebut, tentu saja para ASN hendaknya untuk sementara ini harus mau bersabar sekaligus berlapang dada setidaknya sampai ada kepastian pemberitahuan dari pemerintah pusat secara langsung.
Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan, dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten Lombok Tengah, HM. Nazili saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (27/04) menyampaikan, pembayaran THR atau Gaji 13 untuk para ASN pada tahun 2021 masih belum ada petunjuk dari Pemerintah Pusat .
Dimana menurutnya, jikalau memang akan diberikan THR bagi para ASN sudah tentu kebijakan itu dikeluarkan oleh pemerintah pusat. “Mengenai pembayaran THR bagi ASN itu hingga kini tidak ada atau belum jelas petunjuk kita dapatkan dari pusat,” jelasnya.
Kemungkinan dengan tidak adanya THR bagi para ASN ini adalah karena dampak dari pandemi covid. Sebab, pada tahun 2020 yang lalu, bagi Eselon II keatas tidak diberikan THR. Sedangkan, Eselon III ke bawah tetap diberikan THR sesuai aturan dari pemerintah pusat.
“Itu untuk tahun 2020 dan untuk tahun 2021 ini masih belum ada. Lebih jelasnya tanyakan kepada bagian Keuangan Daerah,” katanya.
Tidak lupa ditegaskan kembali pihaknya, mengenai persoalan pembayaran THR bagi para ASN sejatinya tergantung dari kebijakan pemerintah pusat, dalam hal ini adalah Kementerian Keuangan Republik Indonesia. Dan apabila sudah ada keluar kebijakan dari pusat, baru kemudian akan ditindaklanjuti oleh pemerintah kabupaten/kota.
“Bisa jadi tidak ada THR, dikarenakan refocusing anggaran dampak covid-19. Sebelumnya penting untuk diketahui kalau Dana THR itu dari Dana Alokasi Umum (DAU) yang masuk di APBD.” tegasnya. (ang)

Related posts

%d blogger menyukai ini: