HUKRIM 

Akibat Fuso Tronton Alami Rem Blong, Kernet Tewas Terlindas

 

Lombok Tengah, SR – Diduga karena kendaraan berat jenis truck fuso tronton (gandeng) mengalami rem blong, menyebabkan terjadi tabrakan beruntun di jalan raya Desa Jurang Jaler, Kecamatan Praya Tengah, KabupatenLombokTengah (Kab. Loteng), Senin (22/03). Akibatnya, satu orang korban meninggal dunia seketika di tempat kejadian. Korban sendiri yaitu, seorang kernet jenis kendaraan yang sama (truck fuso tronton) yang kebetulan parkir atau berhenti guna mengganti ban kendaraannya yang bocor tepat diipinggir ruas badan jalan tempat kecelakaan terjadi.

Kejadian na’as menimpa korban yang belakangan diketahui atas nama, Wawan (39), warga asal Kabupaten Nganjuk, Provinsi JawaTimur (Prov. Jatim), ini terjadi sore sekira Pukul. 16. 03 Wita. Korban sendiri merupakan kernet Fuso bernopol : L 9930 UX, yang di kemudikan Heru Purwantoro, yang beralamat sama dengan korban.

Kronologis kecelakaan lalulintas (lakalantas) kala itu melibatkan lima kendaraan sekaligus. Diantaranya, truk fuso (Tronton) nopol: L 9930 UX, dikemudikan Heru Purwantoro, dan truck fuso tronton nopol : B 9625 UEI, pengemudi : Yoyo Purwito, truck fuso dengan nopol : EA 8738 A, pengemudi Dedi Haryadi, Mobil Xenia DR 1227 SA, pengemudi Ardian Sukamardani, serta satu unit sepeda motor Yamaha N-Max yang dikendarai Santi Mumbasari.

“Benar, akibat tabrakan beruntun itu, Wawan, kernet truck fuso asal Nganjuk, terlindas dan langsung meninggal di tempat,”kata, Kasat Lantas Polres Loteng, AKP. Donny Setiawan, SIK.

Lanjut dijelaskan, musibah terjadi saat dua kendaraan truck fuso jenis tronton bermuatan alat berat sedang dalam keadaan berhenti, dikarenakan kebetulan dari salah satu kendaraan saat itu mengalami pecah ban. Dimana, korban sendiri tengah berada dibawah alias kolong kendaraan sedang memperbaiki ban yang pecah.

Namun, sungguh tak disangka, tiba – tiba kendaraan truck fuso bernopol : EA 8738 A, datang dari arah belakang melaju kencang dan langsung menabrak kedua truck fuso. “Akibatnya, korban yang sedang memperbaiki ban dibawah kolong pun terlindas dan langsung tewas dilokasi,” tuturnya.

Tidak berhenti sampai disitu, laju dari kendaraan truck fuso dikemudikan Dedi Haryadi, masih dalam kondisi tak terkendali pun kemudian menabrak mobil Xenia dan sepeda motor Yamaha N-Max yang saat itu  berada di jalur sebelah kanan dalam keadaan berhenti.

Dari keterangan beberapa orang saksi, dugaan sementara penyebab terjadinya lakalantas beruntun yang juga merenggut satu orang korban jiwa ini adalah, disebabkan truck fuso, Nopol :  EA 8738 A, dikemudikan Dedi Haryadi (30), warga Desa Baru Talan, Kecamatan Moyo Kabupaten Sumbawa Besar, yang mengalami remblong.

Selain satu orang korban meninggal dunia diketahui ada beberapa orang yang juga ikut mengalami cidera cukup serius dengan kondisi luka robek dan lebam di beberapa bagian atau sekujur tubuh para korban luka.

“Selanjutnya, para korban yang mengalami luka – luka itupun bersamaan dengan korban meninggal ikut  dibawa ke Rumah SakitUmum Daerah (RSUD) Praya, Loteng, guna mereka mendapat perawatan medis,” terangnya.

Terakhir dikatakan Lakalantas, kini kasus inipun sudah dalam penanganan Unit Laka Lantas Polres Loteng. Dimana, para saksi dan masing – masing sopir kendaraan yang ikut terlibat kecelakaan sedang dalam proses pemeriksaan.

Sementara, untuk perkiraan kerugian material yang ditimbulkan akibat dari kecelakaan yang melibatkan 5 unit kendaraan tadi berkisar mencapai Rp. 400 Juta.Akibat kecelakaan, kerugian ditafsir mencapai Rp. 400 Juta.

“Saat ini beberapa orang saksi sekaligus sopir dari masing -masing kendaraan sedang proses pemeriksaan oleh Unit Lakalantas Polres Loteng,” katanya lugas. (ang)

Related posts

%d blogger menyukai ini: