SUARA SUMBAWA 

Relokasi ke Pasar Baru Belum Pasti, Bapenda Masih Verifikasi Pedagang

Sumbawa Besar, SR – Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Sumbawa, belum bisa melakukan relokasi pedagang pasar lama ke pasar yang baru yang ada di Seketeng, pasalnya sejumlah pedagang tersebut masih dalam proses verifikasi data.
“Alhamdulillah, kalau tidak salah data itu sudah selesai kemarin dan itu, kami sudah mengajukan ke pimpinan untuk kami musyawarahkan, kapan waktu yang pas untuk kita akan relokasikannya,” kata Sekretaris (Bapenda) Kabupaten Sumbawa, Abdul Hakim saat diwawancarai Suara Rinjani di kantor dewan, Selasa (09/03).
Abdul Hakim menambahkan, relokasi itu bukan hanya kewenangan kami saja, tapi juga kewenangan tim. Bupati kita juga sudah membentuk tim untuk relokasi pedagang pasar dan oleh tim nanti akan mengkaji dokumen.
“Akan diperiksa berupa data pedagang, apakah sudah ada atau tidak, terus ada ndak yang lain yang dibutuhkan dan itu, bukan kami, tapi tekhnis,” tandasnya.
Ia mengungkapkan, kami juga kemarin sudah melakukan verifikasi data pedagang lama. Karena menurut Pak Bupati waktu itu, tetap harus memprioritaskan pedagang lama dan nanti sisanya untuk pedagang yang baru.
“Melakukan verifikasi data pedagang itu, tidak semudah apa yang kita perkirakan. Pasca kebakaran beberapa pedagang itu ada yang pindah ke pasar Keratok, ada yang ke pasar Brang Bara dan ada juga yang pulang ke desanya dan jualan di rumahnya,”jelasnya.
Lanjutnya, sementara itu, kami diperintahkan untuk melakukan verifikasi terhadap pedagang lama, sehingga kami mencarinya di pasar Keratok juga pasar Brang Bara dan ke kampungnya yang mungkin mereka belum mengetahui informasi, untuk kita melakukan proses pendataan.
“Tidak semudah apa yang kita rencanakan awalnya, saya yang bicara waktu itu yang menyampaikan jadwal 1 sampai 6, melakukan pendataan ternyata itu susah,” tukasnya.
Dijelaskannya, kami tetap berupaya secara optimal dalam rangka untuk relokasi pedagang dari pasar yang lama ke pasar yang baru ini dan sudah tentu itu, keputusannya sudah ada di tim.
“Tim itu, bukan kami saja, tapi juga ada keterlibatan OPD-OPD yang lainya, termasuk nanti ada Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Sumbawa, nanti beliau-beliaulah yang kita akan mintai informasinya,” paparnya.
Disampaikannya, “Kata kuncinya, kami tidak ingin terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dalam relokasi pedagang untuk itu diharapkan untuk bersabarlah sebentar, kami akan menyampaikan dan kami punya rencana untuk setelah pasti tanggalnya, kami akan mengundang dari perwakilan pedagang,” tutupnya. (ml/bgs)

Related posts

%d blogger menyukai ini: