Hadiri Pelantikan Pengurus Perhatani NW, Wabup : Pertanian Andalan Lombok Timur

Hadiri Pelantikan Pengurus Perhatani NW, Wabup : Pertanian Andalan Lombok Timur

Lombok Timur SR Wakil Bupati Lombok Timur, H. Rumaksi SJ, menghadiri acara Pelantikan Pengurus Cabang Perhimpunan Tani (Perhatani) NW se-Kabupaten Lombok Timur yang dilaksanakan di Area Majelis Hamzanwadi 2 Pontren Syaikh Zainuddin NW Anjani, Senin, (15/03).  Hadir pula dalam kesempatan  tersebut, Ketua Umum PBNW Tuan Guru Bajang KH. Lalu Gede Muhammad  Zainuddin Atsani beserta pengurus dan anggota,  Kepala Dinas Ketahan Pangan, Dinas Pertanian Lombok Timur, serta pengurus cabang Perhatani NW se-Kabupaten Lombok Timur .

Wabup memberikan apresiasi keberadaan Perhatani sebagai organisasi yang bergerak dalam bidang pertanian untuk memajukan pertanian, demi kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Lombok Timur. Wabup menilai gerakan ini akan member manfaat yang sangat besar kedepan. Hal itu mengingat sector pertanian merupakan salah satu sector andalan Kabupaten Lombok Timur. “Gerakan yang dibentuk PBNW ini akan mampu berkontribusi dalam kemajuan perekonomian kabupaten Lombok Timur dan tentunya dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,”ungkapnya.

Disampaikan Wabup, Kabupaten Lombok Timur merupakan kabupaten dengan laju pertumbuhan PDRB tertinggi se-Provinsi NTB ditengah pandemi Covid-19. “Hal ini karena Kabupaten Lombok Timur tidak hanya mengandalkan sektor Pariwisata, namun lebih mengandalkan sektor pertanian,”tandasnya.

Wabup yang juga Ketua DPP Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) NTB  berharap dengan adanya pengurus-pengurus muda dari Perhatani NW yang memiliki pendidikan tinggi bisa melakukan inovasi dalam melihat permasalahan dan solusinya untuk pertanian kita di Lombok Timur.

“Mudahan bisa mengakomodir masyarakat petani terlebih yang dibutuhkan masyarakat adalah pasca panen, kesetabilan harga sehingga petani tetap sejahtera. Saya mengajak semua pengurus Perhatani NW untuk tetap bersinergi, ayo apa program-program yang bisa kita kerjasamakan,” tatangnya.

Wabup memandang Perhatani NW beserta program-programnya sejalan dengan misi pemerintah Kabupaten Lombok Timur dalam memajukan sector pertanian. “Saya berharap, Perhatani NW akan terus melahirkan inovasi bagi perkembangan sektor pertanian di Kabupaten Lombok Timur,”pungkasnya.

Ketua Umum PBNW Syaikhuna Tuan Guru Bajang KH. Muhammad Zainuddin Atsani dalam sambutannya menitip pengurus Perhatani NW kepada pemerintah daerah untuk dibina dan diberdayakan.

“Kepada pemda Lotim, saya titip pengurus Perhatani NW yang baru dilantik untuk diperhatikan, dibina demi kesejahteraan masyarakat petani di daerah kita ini,” pintanya.

Lebih lanjut, Syaikhuna menegaskan bahwa pihaknya sudah berkomunikasi dengan semua pengurus wilayah NW se Nusantara. Mereka sudah siap untuk membentuk pengurus Perhatani NW di semua wilayah dan kabupaten se Indonesia.

“Kepada semua pengurus Perhatani NW teruslah berkarya demi kemakmuran petani kita. Teruys bangun sinergi dengan kelompok mana pun yang berkaitan dengan instansi pertanian, peternakan, perikan dan yang instansi lainnya yang bisa memberikan kontribusi bagi kesehajteraan masyarakat,”imbuhnya.

Diakhir sambutannya Ketum PBNW mengingatkan kepada semua masyarakat untuk ikut mensukseskan program vaksinasi yang sedang dilaksanakan oleh pemerintah. Mari kita sama-sama sukseskan vaksin ini.

“Jangan sampai ada di antara kita yang tidak mau divaksin, apalagi berupaya untuk menolak program vaksin ini, kita harus ikuti aturan pemimpin kita,” tutupnya.

Ketua Perhatani NW Pusat Adi Kusmawan  menyebutkan, 80% lebih jamaah NW berpropesi sebagai petani dan buruh tani yang memiliki potensi yang besar untuk menggerakkan roda perekonomian melalui sektor pertanian. “Melihat besarnya peluang pengembangan ekonomi umat pada sektor pertanian dituangkan dalam sebuah wadah kelembagaan yaitu Perhimpunan Tani Nahdlatul Wathan” ucapnya.

lanjutnya, Perhatani NW memiliki sejumlah program kerja yang ditargetkan akan terlaksana pada Juni-Juli 2021, yaitu pelatihan peternak milenial yang bertujuan mencetak peternak unggul yang siap bersaing di era milenial dan program petani penggerak yang memberi pelatihan bagi petani untuk menjadi fasilitator dan pendamping bagi kelompok tani di desa masing-masing.

“Saat ini pihaknya juga sedang melaksanakan uji coba Hormon Tanaman yang di berinama ZPT Organik Lombok dan Pupuk Organik NPKS (Nitrogen, phospat, kalium, sulfur). Insya Allah, kami meyakini uji coba ini akan sukses membawa kemajuan dan kesejahteraan masyarakat petani. Kami punya motto ‘Petani Sejahtera, NW Jaya,” pungkasnya. (vin)

 

Share this post