SUARA LOTIM 

Masih Pandemi, Pembaiatan dan Pengijazahan Doa Ujian Dilakukan Secara Virtual

Lombok Timur SR – Tradisi baik yang ditanggalkan oleh pendiri NWDI Al-Magfurulah Maulana Syaikh TGKH. M. Zainuddin Abdul Madjid, bagi setiap santri NW di kelas akhir pada jenjang pendidikan MI – MA dilakukan pengijazahan doa ujian yang selama hayatnya hingga kini terus dilestarikan dan para muridnya kendati beliau sudah wafat.

Pada tahun ini, ujian ujian berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, di mana tahun ini kondisi negara kita masih dalam pandemi Covid-19 yang melarang orang banyak berkerumun. Agar tradisi baik ini berjalan terus, PBNW mensiasati dengan pengijazahan melalui online melalui NWOfficial. Kendati melalui online tapi panitia membagi jadwal pengijazahaan yang dimulai tanggal 7-13 Maret 2021.

Pembaiatan santri dilakukan Ketua Umum PBNW Syaikhuna Tuan Guru Bajang KH Muhaammad Zainuddin Atsani, sedang pengijazahan dilakukan Rois ‘Aam Dewan Musytasyar PBNW Ummuna Hj St Raihanun Zainuddin Abdul Madjid.

Untuk gelombang pertama, khusus santri yang berada di lingkungan Pontren Syaikh Zainuddin NW Anjani, dilakukan secara offline, di halaman Masjid Jamik Darul Quran wal Hadits NW Anjani, sebanyak 811 santri, pada Minggu (07/03).

Ketua panitia pengajizahan yang mengerjakan ujian, Miftahul Khair Hilmi, dalam laporannya mengatakan acara pengijazahan ini dilakukan di masing-masing kecamatan se-Pulau Lombok yang diikuti melalui Zoom. Sedang di lingkup Pontren Syaikh Zainuddin Anjani, dilakukan secara offline dengan mematuhi protokol kesehatan secara ketat.

“Adapun santri yang terdaftar menerima doa ujian tahun ini se-pulau dari tingkat MI/SD-MA/SMA/SMK Lombok sebanyak 17. 627 santri,” ungkapnya.

Seperti biasanya, sebelum dilakukan pembaitan dan pengijazahan doa ujian, diberikan penjelasan kaifiyat ataupun tata cara pengamalan doa ujian yang diijazahkan oleh para Masyaikhul Ma’had secara bergantian.

Ketua Umum PB NW Syaikhuna Tuan Guru Bajang KH Muhaammad Zainuddin Atsani, dalam pengarahannya, mengharapkan kepada santri NW yang akan menamatkan studi pada setiap jenjang kita berharap akan melanjutkan studinya di tempat ini juga, karena lembaga kita di Pontren Syakih Zainuddin NW Anjani, sudah lengkap apa yang dicari.

“Alhamdulillah di kompek kita ini sudah lengkap lembaga pendidikan, dan insyaAllah dua lembaga perguruan tinggi kita baik IAH NW Lotim dan STMIK Syaikh Zainuddin NW akan transformasi. IAIH menjadi Universitas Islam Hamzanwadi dan STMIK menjadi Insititut Teknologi Syaikh Zainuudin NW,” jelasnya.

Untuk itu, lanjut Syaikhuna, kalau pun akan keluar daerah melanjutkan studinya, kita harpakan paaraa santriu tetap menjaga teguh jiwa santri NW. Jangan sampai melupakan almamater asal karena itu akan sangat bahaya.

“Saya berharap semua anak-anakku tetap menjaga teguh jiwa santrinya, tetap mengikuti garis pimpinan. Hal ini memang tidak mudah, karena akan banyak rintangan dan ujian yang menghadang, tapi mari kita siapkan mental untuk menghadapi ringan itu dengan senyum dan bahagia. Saya do’akan kalian semua semoga lulus, mendapat barokah, beraklaq dan sukses, ”pungkasnya. (Sr)

 

Related posts

One Thought to “Masih Pandemi, Pembaiatan dan Pengijazahan Doa Ujian Dilakukan Secara Virtual”

  1. […] News – Sebanyak 17. 627 Santri menerima Pengijazahan Doa Ujian. Di kutip dari SuaraRinjani bahwa pengijazan do’a dilakukan secara virtual […]

Leave a Comment

Or

%d blogger menyukai ini: