SUARA DESA 

Pemdes BPS Cairkan BLT DD Tahap Pertama

LOmbok Timur SR – Pemerintah Desa Bagik Payung Selatan (BPS) Kecamatan Suralaga Lombok Timur, mulai menyalurkan Bantuan Lansung Tunai (BLT) yang bersumber dari Dana Desa (DD) tahun 2021 untuk tahap pertama, di aula kantor desa setempat, Rabu (03/03) .
Penyerahan BLT tersebut secara langsung diserahkan Pj. Kepala Desa BPS, Pauzi, SH. kepada masyarakat penerima manfaat sejak pukul 08.00 wita. Kegiatan tersebut dihadiri  Kasi Trantib Kecamatan Suralaga, BPD, Pendamping Desa, Babhinkamtibmas dan seluruh perangkat desa BPS.
“BLT DD tahap I ini secara langsung menyalurkannya kepada 200 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) sesuai dengan protokol kesehatan, jaga jarak dan memakai masker dan tidak lepas mencuci tangan sebelum memasuki ruangan” kata Pj. Kepala Desa Bagik Payung Selatan Pauzi, SH. kepada Suara Rinjani usai menyalurkan BLT.
Kata Fauzi, masyarakat penerima secara merata tersebar di 10 kewilayahan yang ada, dan setiap warga Keluarga Penerima Manfaat (KPM) masing – masing, menerima BLT Dana Desa sejumlah Rp. 300.000.
Lebih lanjut dikelaskan bahwa penyaluran BLT ini dilaksanakan sesuai dengan surat edaran Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi nomor 17 tentang penyaluran Dana Desa serta Penyaluran  BLT Dana Desa Tahun 2021 dan PMK 222 tentang Pengelolaan Dana Desa agar Desa mengangarkan BLT DD pada APBDesa Tahun 2021 Sebesar Rp. 300.000 selama 12 Bulan yang di salurkan dari bulan januari sampe Desember.
Penyaluran BLT ini diharapkan dapat membantu warga masyarakat khusunya warga miskin di Bagik Payung Selatan, dalam menjalani hidup di masa terpuruknya perekonomian akibat Covid-19 dan belum mendapat bantuan apapun seperti PKH, BPNT, BST dan segala bentuk bantuan lainnya
“Kami berharap BLT ini diperuntukan untuk memenuhi kebutuhan pokok masyarakat di masa sulit saat ini,” pungkasnya.
Kasi Kesejahteraan, Desa Bagik payung Selatan, Abdul Mukmin, M.Si. menambahkan bahwa sebelum menetapkan nama-nama penerima manfaat, pihaknya terlebih dahulu melakukan musyawarah dengan semua elemen terkait sehingga data yang didapatkan benar-benar valid dan tepat sasaran.
“Sebelum penetapan data kita musyawarah Sama Semua Kepala wilayah, BPD dan Pendamping dDesa untuk menentukan penerima dan jumlah penerima di setiap wilayah ke kadusan yang ada,” jelasnya.
Ketua BPD Desa Bagik Payung Selatan, M. Bahri, S.Pd. mengapresiasi kegiatan Pemerintah Desa Bagik Payung Selatan dalam menyalurkan Bantuan Langsung Tunai kepada masyarakat. Kami sampaikan terima kasih kepada Pemerintah Desa Bagik Payung Selatan dan seluruh jajarannya, khususnya Kasi Kesejahteraan Rakyat yang sudah memverifikasi dan memvalidasi data penerima BLT DD tahun 2021. “Semoga apa yang kita lakukan untuk masyarakat BPS ini tercatat sebagai amal ibadah kita disisi Allah SWT,” ucapnya. (vin)

Related posts

%d blogger menyukai ini: