TOP NEWS 

Gelar Webinar Kebangsaan, NW Siap Kembangkan Nilai Moderasi Beragama dan Bernegara

Mataram SR – Pengurus Besar Nahdlatul Wathan (PBNW) menggelkar Webinar Kebangsaan dengan mengangkat tema “Peranan Ormas Islam Dalam Menjaga Keutuhan NKRI Berdasarkan Pancasila” via meeting Zoom, Rabu (24/02).

Hadir sebagai Kaynote Speaker Ditjen. Ketahanan Ekonomi, Sosial dan Budaya, Kemedagri RI Drs. La Ode Ahmad P. Balombo, dan Dirjen Penerangan Agama Islam Kemenag RI, Dr Juraidi MA.

Ketua Umum PBNW Syaikhuna Tuan Guru Bajang KH M Zainuddin Atsani, dalam sambutannya saat membuka Webinar menegaskan Organisasi Nahdlatul Wathan adalah organisasi Islam terbesar di provinsi Nusa Tenggara Barat yang kiprahnya dirasakan bangsa Indonesia secara umum, dalam menjaga keutuhan bangsa. Hal ini terlihat peran dan sepak terjang pendirinya yang ikut meletakan pondasi Negara Kesatuan Republik Indonesia di awal kemerdekaan Republik Indonesia. Atas jasanya, Pendiri ormas yang disingkat NW ini (Maulanasyaikh TGKH Muhammad Zainuddin Abdul Madjid) pada 9 November dianugrahi gelar Pahlawan Nasional oleh Presiden Jokowi.

“Kita (NW) akan tetap setia kepada NKR dan Pancasila sebagai sebuah konsensus pendiri bangsa ini. Itulah sebabnya kita menggelar Webinar kebangsaan bersama Mendagri Menag dan para pakar dan tokoh,” katanya.

Lanjutnya, sejak berdiri ormas NW oleh pendirinya yaitu Pahlawan Nasional, Ninikda telah mengikrarkan diri dan NW menjadi benteng persatuan dan terus taat kepada NKRI dengan segala bentuk aturannya.

“Hanya saja pemerintah belum terlihat langkah konkret akan pemberdayaan ormas yang tetap setia kepada bangsa. Ini yang masih kami rasakan selama ini. Untuk itu, kedepan pemerintah harus komit dan terus membangun kemitraan dengan ormas yang sah dan memiliki kontribusi bagi bangsa,”pungkasnya.

Sementara itu, Mendgari Tito Karnavian, melalui Ditjen. Ketahanan Ekonomi, Sosial dan Budaya, Drs. La Ode Ahmad P. Balombo, menerangkan tentang  peranan ormas dalam menjaga keutuhan NKRI. Menurutnya, Ormas punya peran strategis dalam berbangsa dan bernegara.

“Kita tidak pungkiri ormas punya kontribusi bagi kemajuan berbangsa dan menjaga keutuhan NKRI, sebagai sebuah konsensus bersama,”ucapnya.

Menurutnya, sekarang ini jumlah ormas yang berkembang di NKRI sebanyak 436.602. Bagi ormas ini tentunya kan patuh dan tunduk atas peraturan yang ada. “Sedikitnya ada 27 perautan tentang ormas, dan itu harus dipatuhi,”imbuhnnya.

Sementara itu Dirjen. Penerangan Agama Islam Kemenag RI, Dr Juraidi MA, dalam pemaparannya mengatakan ormas Islam tentunya akan menjaga nilai-nilai moderat beragama, keseimbangan, keharmonisan, keadilan, kesamaan, egaliter, ketaatan hukum dan toleransi.

“Namun demikian akan ada diskursus dalam agama dan negara, seperti, memisahkan dan mempertentangkan agama dan negara. Nah inilah tugas dan peran dari ormas Islam untuk meningkatkan pengetahuan wawasan beragama daan bernegara bagi anggotanya,” tandasnya.

Pembicara lainnya adalah Sekjend. PBNW Prof. Dr Fakhrurrazi, Prof Harapandi dari Universitas Uganda Brunai Darussalam, Kapolda NTB, Kajati NTB dan pakar Hukum Unram Prof Galang Asmara.

Ketua Panitia Webinar Kebangsaan Dr. H Sayid Ali Jadid, mengatakan pada Webinar Kebangsaan ini kami mengangkat tema  “Peranan Ormas Islam Dalam Menjaga Keutuhan NKRI Berdasarkan Pancasila”.

“Tentunya dengan kehadiran dari Kemendagri ini bisa menjadi jawaban bagaimana ormas itu berperan dan menjaga keutuhan NKRI dan bisa memberikan pemahaman terkait dengan aturan mendirikan ormas tersebut,”tegasnya.

Peserta Webinar Kebangsaan PBNW ini diikuti 800 an peserta dari berbagai wilayah Nusantara. (sr)

Related posts