Ikuti UKW, 49 Wartawan Muda dan Madya Dinyatakan Kompeten

Ikuti UKW, 49 Wartawan Muda dan Madya Dinyatakan Kompeten
Mataram SR – Setalah menjalani masa pengujian Uji Kompetensi Wartawan selama dua hari, 20-21 Februari 2021 di Hotel Golden Palace Mataram, sebanyak 49 wartawan dinyatakan berkompetensi sebagai wartawan Muda dan Madya. Dari total sebanyak 54 wartawan yang seharusnya diuji.
“Ada 5 peserta mengundurkan diri karena alasan sakit dan lainya,” kata Direktur UKW Fakultas Ilmu Kokunikasi Universitas Prof. Dr Moestopo (Beragama) Jakarta, Dr Wahyudi saat penutupan UKW, Minggu (21/02).
Lanjut Wahyudi, proses penjaringan peserta UKW melalui penyeberan pendaftaran via online, kemudian seleksi administrasi lalu kegiatan pra UKW dengan melakukan pelatihan dan post test.
“Dari 77 pendaftar 60 peserta lolos administrasi, yang kemudian mengikuti pelatihan dan post test. Dari 60 Peserta Diklat 54 lulus untuk mengikuti UKW,” jelasnya.
Kata Wahyudi, kegiatan UKW ini difasilitasi Dewan Pers, dan Universitas Prof. Dr Moestopo (Beragama) Jakarta, ditunjuk sebagai penyelenggara. Kemudian kami berbagi dengan PWI NTB tentang peserta UKW.
“Sebanyak 29 peserta di tangan Universitas Prof. Dr Moestopo (Beragama) Jakarta, 20 peserta PWI,” ujarnya.
Ketua PWI NTB Nasrudin, mengaku sangat bahagia dengan peserta yang sangat tinggi sehingga semua yang ikut UKW dinyatakan kompeten.
“Setelah anda semua dinyatakan kompeten, maka tanggung jawabnya semakin besar. Jadi berdeda dengan wartawan yang belum kompeten itu. Makanya harus menjaga kredibilitas dan martabat jurnalis itu. Harusnya lebih beretika dan lembut dalam berprilaku di lapangan,” imbuhnya.
Wakil Ketua Dewan Pers, Hendry CH Bangun
berpesan kepada wartawan yang sudah memiliki kompetensi untuk melaksanakan Undang-Undang Pers dengan sebaik-baik-baik dalam semua hal.
“Anda semua yang kompeten ini namanya akan masuk di link Dewan Pers. Semua kegiatan dan tindak tanduk Anda terpantau. Jika melakukan tugas berat kartu UKW anda bisa dicabut,” tegasnya. (Sr1)

Share this post