Perhatani NW Gelar Pelatihan Pembuatan Pakan Ternak

Perhatani NW Gelar Pelatihan Pembuatan Pakan Ternak

Lombok Timur SR – Perhimpunan Tani (Perhatani) NW, menggelar Pelatihan Pembuatan Pakan Ternak bagi petani milenial di Balai Pelatihan Perhatani NW di Pondok Pesantren Syaikh Zainuddin NW Anjani, Ahad, (21/02).

Ketua Perhatani NW Adi Kusmawan, dalam sambutannya, kegitan pelatihan ini dikuti 20  petani/peternak milenial. Tujuannya adalah menggerakkan anak-anak muda menjadi peternak milenial dengan pendampingan dan sentuhan teknologi.

“Ketika petani milenial bergerak, insya Allah teknologi-teknologi terbarukan akan cepat dirasakan oleh petani/peternak kita,” ucapnya.

Dikatakan Adi, pelatihan ini dilaksanakan selama 1 hari, yang terdiri dari dua sesi yakni sesi materi dan sesi praktik dengan dipandu oleh trainer berpengalaman dari kalangan praktisi yang memang bergelut dalam bidang peternakan.

“Semoga pelatihan ini dapat memunculkan inovasi anak-anak muda dalam mensejahterakan masyarakat dalam sektor peternakan,”harapnya.

Kadis Peternakan dan Kesehatan Hewan Kab. Lombok Timur, melalui Kabid Keswan dan Kesmapet drh. Hull Tatang menjelaskan bahwa pakan adalah faktor utama yang mendukung produktifitas sebuah peternakan.

“Inovasi teknologi sangat penting dilakukan guna memenuhi ketersediaan pakan ternak, khususnya saat musim kemarau, dan upaya pemenuhan kebutuhan gizi ternak baik ternak kambing maupun sapi agar mencapai produksi yang maksimal” tegasnya.

Menurut Tatang, dengan perkembangan teknologi saat ini sudah seharusnya tidak sekadar memberi makan ternak, namun, bagaimana agar hewan ternak ini misalnya, sapi mendapatkan gizi yang cukup agar berat badannya naik dengan cepat, sehingga perlu diberikan makanan tambahan.

“Melalui bintek dan sentuhan teknologi kepada para peternak muda ini dapat melahirkan Kader Desa dalam bidang peternakan demi mewujudkan masyarakat yang sejahtera,” pungkasnya.(vin)

 

Share this post