SUARA LOTENG 

KPU Tetapkan Pathul – Nursiah sebagai Bupati dan Wabup Loteng

 

Lombok Tengah, SR -Setelah proses gugatan hasil Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat (Kab.Loteng, Prov. NTB) tahun 2020 ditolak Mahkamah Konstitusi (MK), Komisi Pemilihan Umum (KPU) Loteng menggelar Rapat Pleno Terbuka Penetapan Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati (Wabup) Terpilih.

HL. Pathul Bahri, S.IP dan Dr. HM. Nursiah, S.Sos. MM ditetapkan sebagai Bupati dan Wakil Bupati Loteng periode 2021-2025. Kegiatan penetapan tersebut berlangsung di Hotel Illira Lite Desa Penujak Kecamatan Praya Barat, Kamis (18/02).

Saat itu, dijelaskan, Ketua KPU Loteng, Lalu Darmawan, kalau penetapan itu dilakukan berdasarkan hasil putusan MK tanggal 15 Februari 2021. Sehingga pihaknya melakukan rapat pleno penetapan Bupati dan Wakil Bupati terpilih hasil Pilkada 2020.

“KPU menetapkan pasangan calon nomor urut 4 HL. Pathul Bahri dan HM. Nursiah sebagai Bupati dan Wakil Bupati Loteng dengan jumlah suara 199. 299 atau 38,14 persen dari total suara sah,” jelasnya.

Selanjutnya, berita hasil penetapan Bupati dan Wakil Bupati terpilih tersebut akan diserahkan ke DPRD Loteng sebagai bahan pengajuan pelantikan kepada Menteri Dalam Negeri (Mendagri) melalui Gubernur NTB.

Sementara itu, Ketua KPU Provinsi NTB, Suhardi Soud menyampaikan, dari 7 Kabupaten/Kota yang melaksanakan Pilkada, hanya Kabupaten Sumbawa yang masih dalam proses gugatan di MK. Sehingga Bupati/Walikota dan Wakil Bupati/Walikota Terpilih di Pilkada 2020 termasuk Loteng kemungkinan akan dilantik bulan Februari ini.

“Pelantikan kemungkinan akan dijadwalkan akhir bulan Februari mendatang,” pungkasnya.(ang)

Related posts

%d blogger menyukai ini: