Dinas Koperasi dan UKM Kucurkan BPUM Bagi Pelaku Usaha Mikro

Dinas Koperasi dan UKM Kucurkan BPUM Bagi Pelaku Usaha Mikro
Lombok Timur SR- Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Lotim terus memantau perkembangan usaha para pelaku usaha mikro yang sudah menerima bantuan penambahan usaha mikro (BPUM) sebesar Rp 2,4 juta/orang beberapa bulan lalu. Sejauh ini, dari 14 ribuan yang sudah menerima bantuan tersebut, belum sepenuhnya atau hanya beberapa persen saja yang usahanya sudah mulai berkembang.
“Kalau peningkatan yang signifikan belum ada. Yang jelas ada peningkatan sedikit ketimbang sebelum bantuan ini ada. Karena kami tidak bisa betul-betul intervensi mereka untuk mengembangkan usahanya,” kata Kepala Bidang (Kabid) Pemberdayaan UMKM Dinas Koperasi dan UKM Lotim, Yunus pada Suara Rinjani di ruangannya, Selasa (16/02).
Akan tetapi, menurut dia, dengan program BPUM tersebut, setidaknya para pelaku usaha mikro merasa terbantu untuk penambahan modal usaha. Hanya saja, Yunus menyayangkan dari 50 ribu pelaku usaha mikro yang sudah mengajukan, tidak semuanya mendapatkan program bantuan tersebut.
“Mereka sedikit merasa terbantu dengan penambahan modal usaha mereka. Cuma yang jadi catatan belum semuanya memperoleh bantuan,” ulasnya.
Lebih lanjut, Yunus memaparkan, semua pelaku usaha mikro yang mendapat bantuan, sebagian besar bergerak di bidang pengolahan makanan. Hal itu, kata dia, disebabkan pelaku usaha lebih ke usaha rumahan atau home industri.
Program BPUM tersebut berkerjasama dengan BRI, sehingga secara berkala pihak BRI juga terus memantau dan melaporkan para pengusaha mikro yang masih aktif menjalankan usahanya. Ke depan, untuk menghindari data penerima bantuan ganda, Dinas Koperasi dan UKM melakukan pendataan dengan sistem NIK tunggal.
“Kan kami pakai sistem NIK tunggal. Jangan sampai ada yang dapat dobel karena kami utamakan yang belum dapat,” kata dia.
Yunus berharap, para pelaku usaha mikro benar-benar memanfaatkan bantuan tersebut dengan sebaik-baiknya.  “Saya berharap yang sudah memperoleh bantuan bisa memanfaatkan untuk menjalankan usahanya dengan sebaik-baiknya,” pungkasnya. (wan)

Share this post