Gelar Reses, Muallani Bangun Dua Sumur Bor di Desa Suralaga

Gelar Reses, Muallani Bangun Dua Sumur Bor di Desa Suralaga
Lombok Timur SR – Anggota DPRD Lombok Timur, Fraksi Gerindra, Muallani SE., melakukan kegiatan Penjaringan Aspirasi (Reses) di Kantor Desa Suralaga, Rabu (16/02).
Kegiatan reses itu dihadiri Dinas LHK, Penjabat Kades Suaralaga, Ketua BPD Suralaga, para Kepala Wilayah (Kawil), tokoh masyatakat,  dan tokoh  pemuda.
Penjabat Kades Suralaga, Zarwan SH dalam sambutanya, mengatakan bahwa reses ini untuk menyusun program, dan realisasi program tahun sebelumnya sebagai bentuk pertanggungjawaban anggota DPRD kepada konstituennya secara politik.  “Kegiatan ini sangat bagus dalam upaya menyerap aspirasi masyarakat,” katanya.
Kabid Pertamanan, LHK Lotim, Ma’rifatullah yang hadir  juga menegaskan reses ini bentuk dari mengaplikasikan visi misi pimpinan kita di daerah (Bupati-Wakil Bupati). Termasuk pembangunan sumur bor di Dusun Gelumpang dan di kantor Camat Suralaga, dengan total nilai 200 juta, melalui dana aspirasi anggota DPRD dari Fraksi Gerindra ini. Yang paling penting adalah pemeliharaan oleh masyarakat itu sendiri.
“Awalnya, masyarakat antusias sangat tinggi, tapi setelah jadi pemeliharaan kurang baik. Kami harapkan Pemdes Suralaga membentuk PAMdes atau PAMdus. Karena sesuai dengan visi misi Bupati  dan Wakil Bupati agar air bisa mengalir sepanjang tahun,” tegasnya.
Lanjutnya, proyek sumur bor ini akan dilaksanakan pada tri wulan 2 dan 3 , berarti sekitar April-Juli. “Mohon semua kita menjadi pengawas dalam program ini biar berjalan dengan lancar dan bisa secepatnya dimanfaatkan seluas-luasnya oleh masyarakat,” pungkasnya.
Muallani yang juga Ketua Komisi I DPRD menyatakan kegiatan reses ini tidak ubahnya dengan Musrembangdes atau Musrembangdus sebagai bentuk dari pelaksanaan UU. Tujuan reses ini untuk mengetahui apa yang diinginkan masyarakat yang tidak tercover di Musrembangdes/dus.
“Kita sudah terlepas berbau politik, sekarang ini, kita milik masyarakat dan tentu bisa  bermanfaat bagi masyarakat semuanya, tanpa pilih kasih,” katanya.
Termasuk, kata Muallani, program sumur bor ini agar air terus bisa dinikmati oleh masyarakat yang membutuhukan karena Suaralag tidak memiliki mata air. Makanya melalui penjaringan aspirasi ini untuk membantu progam pemerintah daerah dalam mencapai apa yang menjadi cita-cita pemerintah kita soal ketersediaan air bersih bagi masyarakat.
“Karena tidak mungkin seorang Bupati dan Wakil Bupati bisa sendirian melayani 1,3 juta penduduk Lotim, jadi kita bantu dengan program kita di dewan,”tutupnya.
Kegiatan reses diakhiri dengan peninjauan langsung lokasi sumur bor di kedua titik yang telah ditentukan.(Sr1)

Share this post