Lakukan Pembinaan, Sekretaris Kopertais XIV Mataram Kunjungi IAIH NW Lotim

Lakukan Pembinaan, Sekretaris Kopertais XIV Mataram Kunjungi IAIH NW Lotim

 

Lombok Timur SR – Sekretaris, Koordinator Perguruan Tinggi Swasta Agama Islam (Kopertais) XIV Mataram, DR. H Nazar Naamy melakukan silaturahim ke kampus Institut Agama Islam Hamzanwadi Nahdlatul Wathan (IAIH NW) Lombok Timur, Kamis (28/01).
Kehadiran Sekretaris Kopertais ini dalam rangka Pembinaan Ketenagaan dan Kelembagaan.
Dalam pengantarnya, Wakil Rektor I, IAIH NW Lotim Drs. H Azharullail, M.Pd.I, menyatakan bahwa IAIH NW Lotim dalam penguatan dan pembinaan agar kita mampu mengelola IAIH dalam pengelolaan yang baik.
Sekarang ini sebanyak 469 Perguruan Tinggi Agama Islam Swasta (PTAIS) sedang dalam proses akreditasi, termasuk IAIH NW Lotim.
Dan menjadi isue sentral di PTAIS di Indonesia, sangat sulit mendapat hasil yang maksimal.
“Padahal kami sudah bekerja dengan semaksimal mungkin, tapi hasil tidak sepadan. Apakah PTAIS sangat lemah dalam pengelolaan manajemen, kelembagaan, SDM dan lain sebagainya. Ini menjadi pertanyaan kami selama ini,” ungkapnya.
Dalam arahannya Sekretaris Kopertais XIV menyatakan bahwa kami akan mendorong IAIH NW Lotim ini untuk segera bertranspormasi menjadi universitas, karena jalan untuk itu ada, tinggal syarat yang dibutuhkan saja.
“Sebelum ada Kopertais XIV Mataram ini mengurus administrasi kampus dan pembinaan PTAIS cukup sulit, karena harus bolak balik ke Surabaya, tapi dengan adanya Kopertais Mataram, tentu sangat cepat koordinasinya dan melakukan pembinaan,” ungkapnya.
Menurutnya, Kopertais Mataram membawahi 3 Provinsi, NTB, Bali dan NTT dan ada 34 PTAIS yang dibina.
“Di Lombok saja ada 23 PTAIS namun yang kita sekarang ini ada 70 persen PTAIS yang masih sakit. IAIH NW termasuk kategori kampus sehat,” katanya.
Lanjutnya, Kopertais sekarang ini berfungsi dalam Pengawasan, Peningkatan Mutu dan Pembinaan PTKIS. Program Kopertais adalah penguatan akademik, kelembagaan, Ketenagaan dan Prasarana.
“Teman-teman dosen yang sudah punya Nomor Induk Dosen Nasional (NIDN) ayo berlomba-lomba meningkatkan kapasitas dan jabatan fungsional (Jafung),” tandasnya.
Karena tambahannya, peningkatan pangkat jabatan fungsional itu sangat dibutuhkan baik oleh lembaga itu sendiri maupun dosen dalam meningkatkan kualitas lembaga, apalagi ada rencana mau upaya universitas.
“Nah tentunya penguatan dan perhatian juga sangat kedekatan kepada Lembaga Penjamin Mutu (LPM), karena tidak ada kampus hebat yang ada di tangan LPM. Jadi harus diberdayakan LPM itu. Di banyak kampus di Lombok ini, itu yang tidak diberdayakan malah tidak ada,” tegasnya.
Data di Kopertais XIV Mataram, ada 505 dosen yang ber NIDN, yang baru memiliki japung 182 dosen. Jadi total yang belum jafung itu 323 dosen dan baru 107 dosen yang sertifikasi dosen.
Sementara itu, diakhir acara Rektor IAIH NW Lotim Tuan Guru Bajang KH M Zainuddin Atsani, M.Pd.I, merespon positif apa yang disampaikan Sekretaris Kopertais Mataram, baik soal tawaran institut menjadi universitas, atau soal peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dosen dan kampus.
“Alhamdulillah, kegiatan dan pembinaan seperti yang langka terjadi saat masih Kopertais di Surabaya, namun sekarang ini bisa, tentunya apa yang ada kami akan lakukan,” ungkapnya.
Rektor juga mendukung dalam mendukung proses perkulihan dan pemenuhan fasilitas, pihaknya mengaku terus mengupayakan apa yang dibutuhkan sebagai syarat kampus yang profesional dan terbaik.
“Besar harapan kami, Sekretaris Kopertais XIV Mataram dapat memberikan bimbingan dan kemudahan dalam berbagai hal yang berkaitan dalam memajukan dan meningkatkan kampus kami ini. Kami mempunyai 2000 lebih mahasiswa yang belajar,” pungkasnya.
Hadir dalam pembinaan tersebut, Rektor, Wakil Rektor, semua Dekan dan Wakil Dekan, Kajur dan semua dosen IAIH NW Lotim. (Vin)

Share this post