Sekda Tidak Hadir, Rapat Evaluasi APBD 2020 Bersama Dewan Dijadwal Ulang

Sekda Tidak Hadir, Rapat Evaluasi APBD 2020 Bersama Dewan Dijadwal Ulang

Lombok Timur SR-Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Lotim menggelar Rapat Evaluasi APBD Tahun Anggaran 2020 bersama Sekretaris Daerah (Sekda) dan Tim Anggaran Pemerintah Daerah Lotim, di Kantor DPRD Lotim, Selasa 19 Januari 2021.

“Karena ada sisa kewajiban yang belum terbayarkan oleh Pemda, sementara kas daerah belum memenuhi itu. Sementara tahun anggaran sudah berakhir,” kata Ketua DPRD Lotim Murnan, S. Pd, pada wartawan usai rapat, Selasa (19/01).

Lanjut dia, program Pemda Lotim yang belum pada anggaran 2020 lalu lebih banyak pada program fisik dan non fisik. Adapun jumlah yang belum terbayarkan, dia belum melihat pasti mengingat data masih direkap. Dia menyebutkan yang belum terbayarkan dikisaran Rp 34 miliar.

Dari hasil rapat evaluasi tersebut, belum ada kebijakan pasti yang terkait kapan harus berdasarkan pada Pemda Lotim. Pihak DPRD sendiri berharap dalam waktu dekat ini pembayaran itu bisa mengakali agar tidak menggangu anggaran tahun 2021 ini. Dewan sendiri Pemda Lotim memberikan kepastian waktu pembayarannya, baik yang berbentuk fisik maupun non fisik.

“Program yang belum menyusun anggaran 2020 lalu, tidak boleh menggunakan anggaran 2021. Tetap dia menggunakan anggaran 2020 yang direncanakan,” tandasnya.

Sementara itu, Kabid Anggaran BPKAD Lotim Mufachir menyampaikan, dalam Rapat Evaluasi APBD tahun 2020 tersebut belum bisa dikatakan, mengingat Sekda Lotim dan Kepala BPKAD Lotim tidak bisa hadir dalam rapat tersebut.Rapat evaluasi ini akan diagendakan kembali pada Rabu depan yang dihadiri Sekda dan Kepala BPKAD.

“Hari ini di jam yang sama Kepala BPKAD ada undangan di Kejari Lotim dan Sekda ada tugas di Mataram sehingga tidak bisa menggunakan,” tutupnya. (Wan)

Share this post