Ponpes Dhia’ul Fikri Sukarara Juara Umum Musabakoh Hifdzil Quran

Ponpes Dhia’ul Fikri Sukarara Juara Umum Musabakoh Hifdzil Quran

Lombok Timur SR- Pondok Pesantren (Ponpes) Dhia’ul Fikri Desa Sukarara Kecamatan Sakra Barat Kabupaten Lombok Timur berhasil menjadi juara umum dalam lomba Mahasabaqah Hifdzil Qur’an (MHQ) ke-I yang digelar di Ponpes Tajul Karomah Rakam Kecamatan Selong dari tanggal 12 -14 Januari 2021. Dari masing-masing enam orang peserta atau santri yang diutus setiap ponpes, Ponpes Dhia’ul Fikri berhasil menyabet enam piala sekaligus. Satu di antaranya merupakan piala bergilir Bupati Lotim.

“Alhamdulillah, piala bergilir Bupati Lotim sudah kami boyong ke ponpes kami. Ini sebagai bentuk syukur dan menjadi penyemangat para santri kami agar lebih giat lagi belajar dan menghafal,” kata pendiri sekaligus pimpinan Ponpes Dhia’ul Fikri Tuan Guru Haji (TGH) Gunawan Ruslan ., Lc pada Suara Rinjani via WhatsApp, Minggu (17/1).

MHQ perdana diikuti oleh 21 ponpes yang ada di Lotim. Adapun di dalam lomba tersebut, terdiri dari empat kategori yaitu hafalan satu, dua, lima, dan 10 juz. Dari enam orang santri yang diutus Ponpes Dhia’ul Fikri, meraih juara dari tiga kategori berbeda yaitu juara dua dan harapan satu golongan dua juz, juara dua golongan lima juz, juara dua dan harapan satu golongan 10 juz. Atas prestasi tersebut, Ponpes Dhia’ul Fikri dinobatkan sebagai juara umum.

“Alhamdulillah, para santri yang diutus dapat mengemban amanah dengan baik dan bisa mengharumkan nama ponpes dengan mempersembahkan piala bergilir Bupati dan keluar sebagai juara umum,” imbuh TGH Gunawan Ruslan.

Melengkapi prestasi tersebut, Ponpes Dhia’ul Fikri ditunjuk menjadi tuan rumah MHQ berikutnya atau yang ke-II. TGH Gunawan Ruslan mengatakan, penunjukan tersebut merupakan sebuah tantangan mengingat insfratruktur jalan atau akses menuju Ponpes Dhia’ul Fikri masih belum memadai.

Kabar baik, jalan menuju ponpes yang terhubung ke desa akan dikerjakan pada bulan April mendatang. Atas ditunjuknya Ponpes Dhia’ul Fikri menjadi tuan rumah MHQ berikutnya, ia berharap kepada pengurus ponpes untuk mempersiapkan diri sebaik mungkin agar mampu memberikan tempat yang aman dan nyaman bagi para peserta.

“Bak dayung bersambut, penghotmixan jalan menuju ponpes akan dimulai bulan April. Ini penanda bahwa kesiapan kami sudah di jalan yang benar, ”tandasnya.

Ia menambahkan, meskipun Ponpes Dhia’ul Fikri berada di wilayah pelosok dan merupakan ponpes baru, namun bukan sebagai penghalang untuk berprestasi dan bermimpi.(wan)

Share this post