Perhatani NW Gelar Demplot Kemitraan Pertanian Organik

Perhatani NW Gelar Demplot Kemitraan Pertanian Organik

Lombok Timur SR – Perhimpunan Tani Nahdlatul Wathan (Perhatani NW) menggelar Demplot Kemitraan Pertanian. Program ini adalah bentuk dukungan terhadap Ketahanan Pangan Nasional, sekaligus meningkatkan kesejahteraan petani melalui peningkatan hasil produksi.
“Kegiatan Demplot Kemitraan Pertanian Organik ini kita lakukan di lahan pertanian milik H. Hamdi seluas 1,5 Ha, di Dusun Tengeh Desa Sepit, Kecamatan Keruak, Kabupaten Lombok Timur, kata Ketua Perhatani NW Adi Kusmawan, usia kegiatan Demplot, Senin, (11 / 01).

Ketua Perhatani Adi Kusmawan, saat melakukan kegiatan Demplot di wilayah Sepit Kecamatan Keruak

Katanya, program pertanian organik untuk meningkatkan ketahanan pangan sekaligus agar pertanian Lombok Timur tidak terdegradasi. “Apalagi dari segi dampak lingkungan dan kelestarian alam harus mengarah pada pertanian organik,” ucapnya.
Lanjutnya, demplot pertanian sehat ini menggunakan pupuk organik cair hasil industrialisasi yang dikerjasamakan dengan perkumpulan Desa Industri Mandiri (DIM) dengan memanfaatkan bahan-bahan lokal yang dijadikan produk pertanian Perhimpunan Tani Nahdlatul Wathan. Pupuk organik cair ini merupakan produk pemulih dan penyubur tanah yang terdiri dari konsorsium 12 mikroba dalam satu media yang disebut Pupuk Organik Marolis.
“Penggunaan Pupuk Organik Cair Marolis ini sebagai upaya untuk mengurangi penggunaan serta ketergantungan petani terhadap pupuk kimia,” jelasnya.
Selain melakukan demplot di Desa Sepit Kecamatan Keruak, Ketua Perhatani NW mangakui saat ini pihaknya juga melaksanakan kegiatan di beberapa tempat di Lombok Timur seperti Kecamatan Masbagik, Kec. Wanasaba, Suela dan beberapa desa di wilayah lain di wilayah Lombok Timur.
“Saat ini kami terus mensosialisasikan pertanian sehat terutama kepada jamaah NW yang berprofesi sebagai petani” tandasnya
Selaku pemilik lahan tempat Demplot, H.Hamdi menyampaikan pesan terimaksih kepada pengurus Perhatani NW karena langsung mendampingi petani dalam pelaksanaan demplot pertanian sehat.
Semoga dengan hasil demplot ini, panen gabah kami meningkat, “harapnya. (Vin)

Share this post