SUARA LOTIM 

Desa Dasan Borok Jadi Desa Pertama Launching BUMDes sebagai Supplier BPNT

Lombok Timur SR- Desa Dasan Borok Kecamatan Suralaga Lotim menjadi desa pertama yang melaunching BUMDes sebagai supplier BPNT dari 20 desa yang menjadi percontohan yang dicanangkan Bupati Lotim beberapa bulan lalu.

Kades Dasan Borok, Angga Sarimah mengatakan, menyambut baik program Bupati yang membuat BUMDes menjadi supplier BPNT untuk KPM yang ada di wilayah masing-masing. Untuk Desa Dasan Borok terdapat sekitar 188 KPM dari BPNT ini.

“Hari ini kami melaunching BUMDes menjadi supplier BPNT untuk mewujudkan arahan Bupati beberapa waktu lalu. Dengan atau tanpa mengurangi dan merugikan pihak manapun, karena supplier yang sudah ada juga kami ajak berkerjasama untuk pengadaan itemnya,” kata Angga, Selasa (12/01).

Angga juga menambahkan, isi paket itu akan dikerjakan oleh BUMDes dengan mengakomodir UMKM dan pengusaha yang ada di Desa Dasan Borok dan isi paket itu sesuai dengan permintaan dan kebutuhan KPM.

“Isi dari paket itu sesuai permintaan dan kebutuhan dari KPM. Misalnya bulan ini mereka meminta daging sapi, ya kita potongkan sapi yang kita beli dari peternak yang ada di Desa Dasan Borok ini. Lalu bulan depan mungkin bosan dengan daging sapi dan mereka minta daging ayam, kita belikan ayam dari peternak yang ada di desa kami,” imbuhnya.

Ia juga melihat kebijakan Bupati dalam menunjuk BUMDes sebagai supplier sangat tepat karena dengan demikian barang -barang yang masuk dalam paket BPNT dapat kita jamin kesegaran dan kebaikannya dan tidak akan ada lagi KPM yang akan mendapatkan barang kadaluwarsa.

Sementara itu, Camat Suralaga Agus Masrihadi mengapresiasi langkah cepat Kades Dasan Borok yang mewujudkan keinginan Bupati yang menjadikan BUMDes sebagai penyalur BPNT dengan mengakomodir potensi UMKM dan pengusaha yang ada di desa.

“Bumdes Desa Dasan Borok ini menjadi desa pertama yang di Kecamatan Suralaga yang melaunching BUMDes menjadi supplier sesuai harapan Bupati. Bahkan mungkin ini yang pertama di Lotim,” kata Agus.

Agus juga menyambut baik pola kerja dari BUMDes Desa Dasan Borok sebagai penyalur BPNT dimana isi dari paket ditentukan melalui musyawarah dengan KPM sehingga apa yang menjadi kebutuhan KPM itu akan dipenuhi oleh BUMDes.

“Pola kerja BUMDes Dasan Borok ini cukup bagus, dimana isi paket BPNT ditentukan oleh KPM. Sehingga saya yakin tidak akan ada lagi komplain dari KPM dan perputaran uang di Desa Dasan Borok saja,” tandasnya.(wan)

Related posts

%d blogger menyukai ini: